PENGEMBANGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA
Sartika Wulandari, 4001416010 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu permasalahan pada pembelajaran IPA di MTs Al-Asror adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik masih dalam kategori rendah. Peserta didik masih kurang aktif untuk bertanya, memberikan pendapat dan memberikan contoh pada materi yang sedang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media articulate storyline pada materi sistem eksekresi manusia. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode 4D yang kemudian dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Development). Data penelitian diperoleh karakteristik media articulate storyline, kelayakan media articulate storyline, angket keterbacaan terhadap media articulate storyline, dan angket tanggapan siswa dan guru terhadap media articulate storyline. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media articulate storyline layak digunakan dalam penelitian dengan memperoleh skor rata-rata dari pakar materi sebesar 83,75% dan media sebesar 83,6% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Angket keterbacaan peserta didik terhadap media articulate storyline menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 87%. Tanggapan peserta didik menunjukkan kategori sangat baik dengan hasil skor rata-rata sebesar 88,75% dan tanggapan guru juga menunjukkan kategori sangat baik dengan hasil skor rata-rata sebesar 96,87%. Media articulate storyline memiliki karakteristik sebagai berikut: (1) media jelas dan rapi (2) menggunakan aplikasi articulate storyline (3) media menarik dan interaktif (4) tahan lama/ dapat digunakan berulang (5) memiliki lebih dari satu media yang konvergen (6) melatih kemampuan berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Articulate Storyline, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > Special Education > Education of Natural Science |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 07:09 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 07:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45201 |
Actions (login required)
View Item |