PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLANETARY GO BERBASIS ANDROID BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK


Wangda Ginarsyafista, 4001416004 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLANETARY GO BERBASIS ANDROID BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLANETARY GO BERBASIS ANDROID BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLANETARY GO BERBASIS ANDROID BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Planetary Go merupakan media pembelajaran yang dikembangkan untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi tata surya dan melatih keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang membantu proses pembelajaran di sekolah serta adanya potensi dengan diizinkannya penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran mendasari pengembangan media pembelajaran Planetary Go berbasis android dengan berbantuan teknologi augmented reality. Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk menganalisis kelayakan dan karakteristik media Planetary Go. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengemban (R&D) yang menggunakan model ADDIE dengan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah validator dari ahli media dan ahli materi serta peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Metode observasi dilakukan untuk menganalisis kebutuhan berupa permasalahan dan potensi yang ada, sedangkan metode angket untuk menganalisis kelayakan serta karakteristik media Planetary Go yang dikembangkan. Analisis kuantitatif menggunakan skala likert untuk mengasilkan produk media pembelajaran yang layak serta dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Kelayakan oleh ahli materi menghasilkan rata-rata capaian sebesar 95% sedangkan kelayakan oleh ahli media memperoleh rata-rata sebesar 92,25%. Kedua hasil kelayakan termasuk dalam kriteria sangat layak digunakan sebagai media yang membantu proses pembelajaran. Karakteristik media Planetary Go diantaranya aksesibilitas yang sangat baik, (2) media yang interaktif, (3) tujuan pembelajaran yang tercapai, (4) mudah digunakan, (5) materi yang disajikan sangat baik, (6) dapat menyesuaikan dengan peserta didik, (7) efektif dan efisien, (8) media yang eksplanatif, (9) keunggulan berupa media dikembangkan berbasis android, berbantuan augmented reality, (10) manfaat yang disajikan berupa dapat melatih keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan adanya soal-soal yang terintegrasi dengan indikator keterampilan berpikir kreatif. Saran yang diberikan untuk penelitian selanjutnya yakni peneliti harus memperhatikan spesifikasi perangkat komputer yang digunakan selama proses pengembangan media. Dalam proses validasi, latar belakang validator patut dipertimbangkan sehingga dapat memberikan saran serta masukan yang baik agar dapat diaplikasikan pada media dan juga dipertanggungjawabkan. Selain itu proses pengambilan data wajib mempertimbangkan waktu yang diberikan pihak instansi terkait sehingga dapat disesuaikan dengan proses penelitian yang sudah dirancang. Adapun saran lain dari peserta didik agar media yang dikembangkan dapat dioperasikan di semua platform smartphone.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media pembelajaran, Planetary Go, keterampilan berpikir kreatif.
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:26
Last Modified: 31 Aug 2021 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45188

Actions (login required)

View Item View Item