PENGARUH CAMPURAN KOMPOSISI ABU SEKAM PADI PADA PASIR CETAK TERHADAP KEKASARAN HASIL CORAN ALUMINIUM BEKAS (DAUR ULANG)


Egi Fajar Setiawan, 5201413044 (2020) PENGARUH CAMPURAN KOMPOSISI ABU SEKAM PADI PADA PASIR CETAK TERHADAP KEKASARAN HASIL CORAN ALUMINIUM BEKAS (DAUR ULANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CAMPURAN KOMPOSISI ABU SEKAM PADI PADA PASIR CETAK TERHADAP KEKASARAN HASIL CORAN ALUMINIUM BEKAS (DAUR ULANG)] PDF (PENGARUH CAMPURAN KOMPOSISI ABU SEKAM PADI PADA PASIR CETAK TERHADAP KEKASARAN HASIL CORAN ALUMINIUM BEKAS (DAUR ULANG)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu yang mempengaruhi kualitas hasil pengecoran sand casting adalah cetakan yang digunakan. Penambahan abu sekam padi dan bentonit pada cetakan pasir akan mempengaruhi kemampuan alir gas (permeabilitas) sehingga akan berpengaruh pula pada hasil pengecorannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran variasi abu sekam padi pada pasir cetak terhadap kekasaran permukaan hasil coran aluminium daur ulang (piston bekas). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variasi abu sekam padi sebesar 8%, 10%, 12%, 14%, variabel terikatnya adalah kekasaran hasil coran dan variabel kontrolnya yaitu bentonit dan air sebesar 10%. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan menguji spesimen hasil dari pengecoran menggunakan alat surftest SJ-210 Series yang kemudian hasil yang berbentuk angka dilakukan analisis deskriptif untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan nilai kekasaran yang berbeda-beda pada masing-masing spesimen. Nilai kekasaran paling tinggi didapat dari spesimen yang dibuat dari campuran abu sekam padi sebesar 8% dengan nilai rata-rata kekasaran sebesar 17.447 μm, dan nilai terendah sebesar 8.567 μm dari campuran abu sekam padi 14% pada pasir cetak. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin banyak campuran abu sekam padi pada cetakan pasir, maka akan semakin rendah pula nilai kekasarannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengecoran logam, abu sekam padi, bentonit, dan nilai kekasaran.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:27
Last Modified: 31 Aug 2021 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45176

Actions (login required)

View Item View Item