PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PROMOSI, DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016)


Reni Oktaliana, 7101416113 (2020) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PROMOSI, DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PROMOSI, DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016)] PDF (PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PROMOSI, DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hasil Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016).” Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Kusmuriyanto, M.Si. Kata Kunci: Minat Menabung, Literasi Keuangan Syariah, Promosi, Bagi Hasil, Religiusitas. Minat menabung di bank syariah adalah keinginan yang timbul dari diri sendiri untuk menggunakan produk/jasa atau melakukan penyimpanan harta dalam bentuk uang atau benda berharga di bank syariah untuk memenuhi kebutuhannya di masa yang akan datang. Berdasarkan observasi awal minat menabung mahasiswa di bank syariah masih rendah. Dengan kondisi mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah ekonomi syariah ternyata baru sedikit mahasiswa yang menggunakan produk/jasa bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara literasi keuangan syariah, promosi, dan bagi hasil terhadap minat menabung di bank syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FE UNNES angkatan 2016 yang berjumlah 881 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan pemilihan sampel yang dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel berjumlah 275 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Religiusitas mampu memperkuat hubungan antara literasi keuangan syariah terhadap minat menabung di bank syariah. Religiusitas tidak mampu memoderasi hubungan antara promosi terhadap minat menabung di bank syariah. Religiusitas tidak mampu memoderasi hubungan antara bagi hasil terhadap minat menabung di bank syariah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah literasi keuangan syariah, promosi, dan bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Religiusitas mampu memperkuat hubungan antara literasi keuangan syariah terhadap minat menabung di bank syariah, tetapi religiusitas tidak mampu memoderasi hubungan antara promosi dan bagi hasil terhadap minat menabung di bank syariah. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa dapat mengembangkan literasi keuangan syariah yang dimiliki agar lebih aplikatif dalam kehidupan sehari-hari dan bank syariah diharapkan meningkatkan promosi agar calon nasabah dapat mengetahui produk apa saja yang ditawarkan sehingga minat menabung di bank syariah dapat meningkat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Menabung, Literasi Keuangan Syariah, Promosi, Bagi Hasil, Religiusitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:18
Last Modified: 30 Aug 2021 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44962

Actions (login required)

View Item View Item