PENGARUH PROGAM FULL DAY SCHOOL, ACADEMIC STRESS, DAN ACHIEVEMENT MOTIVATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN SMK 17 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Fahmi Fauzi Yuniawan, 7101416305 (2020) PENGARUH PROGAM FULL DAY SCHOOL, ACADEMIC STRESS, DAN ACHIEVEMENT MOTIVATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN SMK 17 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROGAM FULL DAY SCHOOL, ACADEMIC STRESS, DAN ACHIEVEMENT MOTIVATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN SMK 17 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020] PDF (PENGARUH PROGAM FULL DAY SCHOOL, ACADEMIC STRESS, DAN ACHIEVEMENT MOTIVATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN SMK 17 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena gap yang terjadi di SMK 17 Temanggung terkait prestasi belajar siswa kompetensi keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran yang rendah. Data dari Pusat Penelitian Pendidikan Kemndikbud tahun 2020 menunjukkan bahwa rata-rata nilai UN SMK 17 Temanggung ditahun 2019 hanya sebesar 50,56. Dan dari tahun 2015-2018 ratarata nilai UN SMK 17 Temanggung selalu mengalami penurunan setiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh full day school, academic stress dan, achievement motivation terhadap prestasi belajar siswa OTKP SMK 17 Temanggung secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa OTKP di SMK 17 Temanggung yang berjumlah 196 siswa. Teknik sampling menggunakan Probability Sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 132 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase analisis deskriptif, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil perhitungan analisis regresi linear berganda pada penelitian ini diperoleh persamaan model regersi Y= 23,415 + 0,267(X1) -0,386(X2) + 0,150(X3) + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa full day school, academic stress dan, achievement motivation secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa OTKP SMK 17 Temanggung dengan nilai koefisien sebesar 0,562 dan nilai sig sebesar 0,000. Sedangkan secara parsial variabel full day school memperoleh koefisien sebesar 0,278 dengan nilai sig 0,001, academic stress sebesar -0,354 dengan nilai sig 0,000, dan achievement motivation sebesar 0,376 dengan nilai 0,000. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan full day school dan achievement motivation terhadap presasi belajar siswa OTKP di SMK 17 Temanggung, dan ada pengaruh negatif dan signifikan academic stress terhadap prestasi belajar siswa OTKP di SMK 17 Temanggung. Saran dalam penelitian ini adalah guru hendaknya dapat meningkatkan dan memperhatikan keterampilan mengelola kelas, tidak memberikan beban akademik yang berlebihan kepada siswa agar tidak memicu academic stress, dan hendaknya siswa mempersiapkan dengan mempelajari materi yang akan diajarkan sendiri di rumah agar pembelajaran yang dilakukan didalam kelas dapat lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Full Day School, Academic Stress, Achievement Motivation dan Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:07
Last Modified: 27 Aug 2021 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44861

Actions (login required)

View Item View Item