PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, PROFESIONALISME PEGAWAI, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL
Della Daya Wanti, 7101416256 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, PROFESIONALISME PEGAWAI, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, PROFESIONALISME PEGAWAI, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan yang bersifat jasa. Pelayanan yang baik dan berkualitas sangat penting untuk meningkatkan kepuasan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh baik secara simultan dan parsial antara kompetensi pegawai, profesionalisme pegawai, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat sebagai penerima layanan di Kantor Kecamatan Boja. Penentuan jumlah pengambilan menggunakan rumus iteratif dengan 115 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Accidental Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, pengujian hipotesis, dan deskriptif persentase dengan program SPSS versi 21 untuk windows. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan regresi linier berganda adalah KP = 19,406 + 0,563 KP + 0,269 PP + 0,161 PTI + e dengan signifikansi 0,00 <0,05. Hasil uji secara simultan menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel kompetensi pegawai, profesionalisme pegawai, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Boja sebesar 62%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar adalah kompetensi pegawai sebesar 39%, sedangkan profesionalisme pegawai yaitu sebesar 6,1% dan pemanfaatan teknologi informasi sebesar 5,1%. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pegawai, profesionalisme pegawai, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan baik secara simultan maupun parsial. Saran dari penelitian ini adalah: 1) Pegawai diharapkan dapat mengikuti pelatihan komputer 2) Kecamatan Boja seharusnya meningkatkan pengawasan terhadap pegawainya 3) Pegawai seharusnya selalu memperbaharui informasi terbaru terkait pelayanan dalam sistem informasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pegawai, Profesionalisme Pegawai, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kualitas Pelayanan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 03:30 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 03:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44838 |
Actions (login required)
View Item |