ANALISIS ASPEK TRANSFORMASI TINGKAT KREATIVITAS DESAIN PRODUK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG


Ponang Tri Prasetyo, 4201416067 (2020) ANALISIS ASPEK TRANSFORMASI TINGKAT KREATIVITAS DESAIN PRODUK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS ASPEK TRANSFORMASI TINGKAT KREATIVITAS DESAIN PRODUK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG] PDF (ANALISIS ASPEK TRANSFORMASI TINGKAT KREATIVITAS DESAIN PRODUK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada abad ke-21 pendidikan dan teknologi berkembang semakin pesat. Hal ini mewajibkan setiap individu untuk memiliki sebuah ketrampilan. Ketrampilan yang harus dimiliki salah satunya adalah kreativitas. Kreativitas menurut Munandar dibagi kedalam empat model yaitu person, process, press, dan product. Kreativitas produk menurut Peter Nilsson bisa dinilai dari segi bentuk produk dan kualitas produk.Berdasarkan teori Taxonomy desaign creativity Peter Nillson bentuk produk terbagi kedalam lima aspek yaitu imitasi, variasi, kombinasi, transformasi, dan kreasi baru. Penelitian ini fokus pada aspek tranformasi saja, yang dilakukan terhadap mahasiswa Pendidikan Fisika yang telah mendapatkan mata kuliah elektronika analog, kemudian mahasiswa di minta untuk mendesain alat buka tutup kran air sesuai dengan lembar perintah, untuk kemudian dinilai dengan instrumen penilaian yang divalidasi ahli. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuanitatif deskriptif. Hasil analisis data disimpulkan bahwa tingkat kreativitas mahasiswa pendidikan fisika dalam mendesain produk aspek transformasi sebesar 5.1 pada skala 0-7 yang berarti mahasiswa pendidikan fisika Unnes memiliki tingkat kreativitas yang tinggi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desain Produk, Transformasi, Tingkat Kreativitas
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:19
Last Modified: 27 Aug 2021 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44830

Actions (login required)

View Item View Item