IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Krisdarefa Karim, 7101416045 (2020) IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Penerapan social entrepreneurship pada program kerja kegiatan, (2) Dampak sosial dari penerapan social entrepreneurship. Social entrepreneurship menjadi fenomena sangat menarik karena perbedaannya dengan kewirausahaan tradisional yang hanya fokus terhadap keuntungan materi dan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas, serta deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1)Penerapan konsep social entrepreneurship dapat terwujud karena adanya sosok wirausaha HIPMI-PT UNNES, dan pemilihan program kerja kegiatan yang mengandung nilai-nilai sosial. 2) Dampak adanya penerapan social entrepreneurship adalah peningkatan motivasi mahasiswa untuk menjadi social entrepreneurship meliputi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Tingkat kecenderungan motivasi social entrepreneurship UKM HIPMI-PT UNNES termasuk dalam kategori tinggi, peningkatan sumber daya mahasiswa dan peningkatan kegiatan ekonomi mahasiswa di UKM HIPMIPT UNNES. Saran dari penelitian ini yaitu mahasiswa hendaknya memaksimalkan untuk mengikuti pelatihan penambah soft skill yang diadakan HIPMI-PT UNNES. Bagi UKM HIPMI-PT UNNES, hendaknya dapat melakukan evaluasi dan perbaikan penerapan social entrepreneurship secara rutin setelah program kerja terlaksana. Bagi pengambil kebijakan, hendaknya dapat menentukan strategi motivasi yang tepat untuk berwirausaha dengan jiwa social entrepreneurship dan tepat dalam menentukan anggaran untuk program kerja kegiatan yang bernilai sosial di UKM HIPMI-PT UNNES.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Social Entrepreneurship, Motivasi, Implementasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Aug 2021 01:31
Last Modified: 27 Aug 2021 01:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44751

Actions (login required)

View Item View Item