HOTEL KAPSUL DI KULON PROGO YOGYAKARTA Dengan Pendekatan Arsitektur Ekologis


DEBY ZULFA OCTAVIA, 5112415011 (2020) HOTEL KAPSUL DI KULON PROGO YOGYAKARTA Dengan Pendekatan Arsitektur Ekologis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HOTEL KAPSUL DI KULON PROGO YOGYAKARTA Dengan Pendekatan Arsitektur Ekologis] PDF (HOTEL KAPSUL DI KULON PROGO YOGYAKARTA Dengan Pendekatan Arsitektur Ekologis) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan Penyusunan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan bertujuan untuk menjadi acuan sebelum masuk kedalam proses desain Hotel Kapsul di Kulon Progo Yogyakarta dalam upaya mendukung aktivitas diluar bandara berupa layanan peninapan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan bagi backpacker yang akan menginap. Kulon Progo merupakan wilayah yang ditetapkan pembangunan bandara baru Yogyakarta bernama New Yogyakarta Internasional Airport akan menyebabkan perubahan pada lingkungan tersebut karena bandara merupakan pintu masuk bagi investor dan wisatawan baik domestik maupun internasional yang akan membuat banyak perubahan bagi perekonomian daerah. Perubahan yang terjadi disekitar wilayah bandara baru selama pembangunan antara lain berupa perubahan kondisi fisik, ekonomi, sosial dan budaya. Peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung di Kulon Progo, Kulon Progo membutuhkan layanan penginapan yaitu berupa hotel salah satunya hotel kapsul. karena banyaknya wisatawan yang berkunjung sebagian akan menginap atau sekedar transit. Pengunjung yang sekedar transit hanya sebatas beristirahat sebelum melanjutkan perjalanannya kembali, sehingga tidak memerlukan sebuah ruang yang harus memenuhi semua kebutuhannya melainkan hanya tempat untuk beristirahat. Maka dari itu, perancangan dan perencanaan hotel kapsul ini sangat cocok untuk mengatasi peningkatan pengunjung dan keterbatasan lahan. Hotel kapsul menyediakan ruang-ruang kamar yang sangat kecil dengan jumlah yang banyak dan bisa jadi solusi untuk para traveller dengan gaya ber-ransel yang ingin melakukan perjalanan jauh dengan penekanan budged yang sangat minimum. Perencanaan hotel kapsul yang menggunakan konsep pendekatan arsitektur ekologis akan menjadikan bangunan yang hemat dalam penggunaan energi, memelihara sumber lingkungan ( udara, tanah dan air ), serta menggunakan teknologi sederhana pada desain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hotel Kapsul, Di Kulon Progo Yogyakarta. Arsitektur Ekologis
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2021 00:31
Last Modified: 27 Aug 2021 00:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44737

Actions (login required)

View Item View Item