PENGEMBANGAN MEDIA BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Apriliani Arifatul Afwah, 4301416082 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat saat ini memberikan pengaruh besar terhadap dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi internet mampu mendukung proses pembelajaran yang dilakukan secara online (e-learning). Adanya e-learning ini memunculkan media pembelajaran yang baru seperti blended learning. Pembelajaran blended learning dapat dilakukan dengan LMS (Learning Management Sistem) salah satunya yaitu aplikasi schoology. Aplikasi schoology merupakan salah satu LMS berbentuk web sosial yang menawarkan pembelajaran sama seperti di dalam kelas secara percuma (gratis) dan mudah digunakan seperti media sosial, aplikasi ini memiliki banyak fitur dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran serta sistem manajemen pembelajaran yang kuat dengan aplikasi yang tersedia untuk perangkat seluler. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media blended learning berbasis schoology pada materi larutan penyangga dan menganalisis kelayakan serta efektifitasnya. Penelitian mengacu pada prosedur Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE. Desain penelitian ini meliputi 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, angket tanggapan siswa dan guru, serta tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan untuk validasi instrumen dan angket tanggapan menggunakan rata-rata skor keseluruhan, analisis ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media. Estimasi reliabilitas pada angket menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan pada analisis keefektifan media menggunakan ketuntasan klasikal siswa pada tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan media blended learning berbasis schoology pada materi larutan penyangga mencapai skor rata-rata kelayakan dari ahli media sebesar 52 dengan kriteria sangat layak, dan dari ahli materi sebesar 119 dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil tanggapan siswa pada uji coba skala kecil, uji coba skala besar, dan implementasi mencapai skor rata-rata sebesar 45,7 dengan kriteria baik. Efektifitas media blended learning berbasis schoology berdasarkan tes hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal sebesar 81,43% dengan kriteria efektif. Simpulan penelitian ini adalah media blended learning berbasis schoology layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran kimia pada materi larutan penyangga.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, blended learning, schoology, larutan penyangga. |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 07:55 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 07:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44720 |
Actions (login required)
View Item |