PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA MODEL GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI LITERASI LINGKUNGAN MATERI HIDROLISIS GARAM DENGAN MEMANFAATKAN INDIKATOR ALAMI


Vera Putri Perwita, 4301416073 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA MODEL GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI LITERASI LINGKUNGAN MATERI HIDROLISIS GARAM DENGAN MEMANFAATKAN INDIKATOR ALAMI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA MODEL GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI LITERASI LINGKUNGAN MATERI HIDROLISIS GARAM DENGAN MEMANFAATKAN INDIKATOR ALAMI] PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA MODEL GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI LITERASI LINGKUNGAN MATERI HIDROLISIS GARAM DENGAN MEMANFAATKAN INDIKATOR ALAMI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS) model guided inquiry terintegrasi literasi lingkungan yang layak, praktis dan mendapat respon positif dari penggunanya. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Desain ini menggunakan Four-D Models yaitu Define, Design, Develop and Disseminate. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa LKPS memperoleh presentase skor rerata validasi sebesar 84,11% sehinga dinyatakan sangat layak secara teoretis. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa LKPS dinyatakan praktis dan mendapat respon baik dari penggunanya. Hasil angket respon peserta didik memperoleh presentase skor rerata sebesar 89,06%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPS terintegrasi guided inquiry untuk keterampilan proses sains dinyatakan layak dan praktis sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran praktikum kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hidrolisis garam, indikator alami, inkuiri terbimbing, lembar kerja praktikum siswa, literasi lingkungan
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:51
Last Modified: 26 Aug 2021 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44682

Actions (login required)

View Item View Item