EFFECT OF FINANCIAL ATTITUDE, FINANCIAL SELF EFFICACY, PARENT’S SOCIOECONOMIC, AND FINANCIAL SOCIALIZATION AGENTS ON FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR WITH FINANCIAL LITERACY AS MODERATING VARIABLE IN STUDENTS OF THE SEMARANG STATE UNIVERSITY 2017
Wan Ibrahim, 7101416150 (2020) EFFECT OF FINANCIAL ATTITUDE, FINANCIAL SELF EFFICACY, PARENT’S SOCIOECONOMIC, AND FINANCIAL SOCIALIZATION AGENTS ON FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR WITH FINANCIAL LITERACY AS MODERATING VARIABLE IN STUDENTS OF THE SEMARANG STATE UNIVERSITY 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (EFFECT OF FINANCIAL ATTITUDE, FINANCIAL SELF EFFICACY, PARENT’S SOCIOECONOMIC, AND FINANCIAL SOCIALIZATION AGENTS ON FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR WITH FINANCIAL LITERACY AS MODERATING VARIABLE IN STUDENTS OF THE SEMARANG STATE UNIVERSITY 2017)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Financial management behavior merupakan kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan pribadi dengan baik untuk mencapai kesejahteraan keuangan. Hasil Observasi menunjukkan mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2017 belum dapat mengelola keuangan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh financial attitude, financial self efficacy, parent’s socioeconomic, dan financial socialization agents terhadap financial management behavior dengan financial literacy sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2017 yang berjumlah 6361 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 376 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability dengan metode proportional random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan financial management behavior, financial attitude, financial self efficacy, dan parent’s socioeconomic dalam kriteria baik. Financial socialization agents dan financial literacy dalam kriteria cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif financial attitude, financial self efficacy, dan financial socialization agents terhadap financial management behavior, namun parent’s socioeconomic tidak berpengaruh terhadap financial management behavior. Financial literacy memoderasi pengaruh financial attitude dan parent’s socioeconomic terhadap financial management behavior, namun financial literacy tidak memoderasi pengaruh financial self efficacy dan financial socialization agents terhadap financial management behavior. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan financial management behavior dipengaruhi financial attitude, financial self efficacy, dan financial socialization agents dan tidak dipengaruhi oleh parent’s socioeconomic. Financial literacy dapat memoderasi pengaruh financial attitude dan parent’s socioeconomic terhadap financial management behavior. Financial literacy tidak memoderasi pengaruh financial self efficacy dan financial socialization agents terhadap financial management behavior. Saran untuk mahasiswa Universitas Negeri Semarang 2017 untuk dapat menerapkan perilaku mengelola keuangan dengan cara mencatat keuangan sehari-hari seperti membatasi pengeluaran, menabung secara periodik, dan mengutamakan kebutuhan daripada keinginan untuk berbelanja.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Financial Attitude, Financial Self Efficacy, Parent’s Socioeconomic, Financial Socialization Agents, Financial Literacy, Financial Management Behavior. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 04:05 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 04:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44654 |
Actions (login required)
View Item |