PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SMP N 2 CEPIRING KENDAL


Tri Wulan Sari, 3601416014 (2020) PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SMP N 2 CEPIRING KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU  DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA  PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN DALAM  JARINGAN DI SMP N 2 CEPIRING KENDAL] PDF (PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SMP N 2 CEPIRING KENDAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peranan kompetensi pedagogik guru dan kaeaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pembelajaran dalam jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru IPS dan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS dan kendala guru IPS dalam mengajarkan materi melalui pembelajaran dalam jaringan di SMP N 2 Cepiring Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelittian ini dilakukan di SMP N 2 Cepiring Kendal. Sumber data penelitian adalah data primer melalui informan yang terdiri dari guru IPS, kepala sekolah, dan beberapa siswa. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini meliputi perangkat pembelajaran IPS, data sarana dan prasarana sekolah, jumlah siswa, dan tata tertib sekolah. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Guru IPS di SMP N 2 Cepiring Kendal memiliki peranan penting dalam mengembangkan keaktifan belajar siswa dengan tetap melaksanakan komponen pedagogik guru yang harus dimilikinya, antara lain kemampuan menguasai karakteristik siswa, kemampuan menguasai teori belajar, kemampuan mengembangkan teori kurikulum, kemampuan menguasai potensi peserta didik, dan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menangkap materi pembelajaran yang dapat dilihat dari berbagai hal seperti menyimak, memperhatikan, berdiskusi, dan mengutarakan pendapat selama proses belajar mengajar. Kompetensi pedagogik guru dan dapat mempertahankan lembaga yang sudah baik menjadi lebih baik lagi dan lebih berkembang dengan memberi dukungan dan minat serta menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap demi kepentingan pembelajaran. Kerja sama dari semua pihak termasuk pihak sekolah, keluarga dan masyarakat sangat diperlukan agar pengimplementasikan kompetensi pedagogik guru dalam peningkatan hasil belajar berjalan lancar dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Keaktifan Belajar, Pembelajaran IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > teacher competence
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:56
Last Modified: 26 Aug 2021 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44652

Actions (login required)

View Item View Item