EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KEARSIPAN BERBASIS K-13 REVISI DI SMK NEGERI 1 SALATIGA


Mohammad Lukmanul Hakim, 7101416288 (2020) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KEARSIPAN BERBASIS K-13 REVISI DI SMK NEGERI 1 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KEARSIPAN BERBASIS K-13 REVISI DI SMK NEGERI 1 SALATIGA] PDF (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN KEARSIPAN BERBASIS K-13 REVISI DI SMK NEGERI 1 SALATIGA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi pembelajaran menjadi salah satu indikator instrumen penilaian kemampuan guru. Pembelajaran kearsipan merupakan pembelajaran pokok yang wajib didapat pada kelas sepuluh untuk konsentrasi administrasi perkantoran. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMK Negeri 1 Salatiga, ditemukan beberapa permasalahan pada mata pelajaran kearsipan berbasis kurikulum 2013 revisi, seperti program rolling guru yang masih kurang efektif, belum sempurna fasilitas pembelajaran kearsipan serta alokasi waktu pembelajaran yang masih kurang. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelakasanaan pembelajaran mata pelajaran kearsipan dengan berbasis kurikulum 2013 revisi di SMK Negeri 1 Salatiga ditinjau dari aspek context, input, process, output. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik cluster sampling dan snowball sampling. Sumber data penelitian ini adalah ketua kompetensi keahian administrasi perkantoran, guru kearsipan, rekan guru serta siswa kelas sepuluh yang menerima pembelajaran kearsipan. Metode analisis data penelitian ini dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengetahui bahwa program rolling guru sangat penting diadakan untuk waktunya kurang efektif, belum adanya pelatihan khusus bagi guru kearsipan. Persiapan pembelajaran guru membuat administrasi pembelajaran, fasilitas pembelajaran belum memenuhi seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 Tahun 2008, RPP sebagai skenario dalam pembelajaran tetapi guru juga melakukan variasi lain dalam proses pembelajaran. Hasil (output) pembelajaran kearsipan menunjukan bahwa masih terdapat siswa yang mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran kearsipan. Kesimpulan penelitian ini pembelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 Salatiga sudah berjalan lancar namun belum optimal pelaksanaanya. Saran yang diberikan dalam penelitian ini, KKH mengevaluasi ulang rolling guru, guru membuat administrasi pembelajaran, guru menggunakan media pembalajaran sesuai perkembangan teknologi, guru mengikuti kurikulum yang berlaku, guru membuat kelompok kecil sebagai pusat diskusi guru, guru melakukan usaha mendapatkan reverensi yang relevan, guru melakukan evaluasi pembelajaran, guru membiasakan siswa melakukan praktik penanganan surat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Kearsipan, Kurikulum 2013 Revisi
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:31
Last Modified: 26 Aug 2021 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44630

Actions (login required)

View Item View Item