PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 GOMBONG DAN SMA NEGERI 1 PETANAHAN PASCA IMPLEMENTASI SISTEM ZONASI


Anisa Wiji Astuti, 7101416151 (2020) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 GOMBONG DAN SMA NEGERI 1 PETANAHAN PASCA IMPLEMENTASI SISTEM ZONASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 GOMBONG DAN SMA NEGERI 1 PETANAHAN PASCA IMPLEMENTASI SISTEM ZONASI] PDF (PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 1 GOMBONG DAN SMA NEGERI 1 PETANAHAN PASCA IMPLEMENTASI SISTEM ZONASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Prestasi belajar adalah tolak ukur berhasil atau tidaknya suatu proses pendidikan. Pendidikan di Indonesia mengalami ketidakmerataan layanan pendidikan, ketidakmerataan lingkungan sekolah dan adanya perspektif favoritisme. Untuk mengatasi ketidakmerataan dan perpektif tersebut, pemerintah membuat peraturan sistem zonasi pada peneriamaan peserta didik baru. Peraturan ini menimbulkan pro dan kontra dalam masyarakat, selain itu peraturan ini berdampak pada guru yang mengeluhkan kualitas peserta didik setelah adanya sistem zonasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sistem zonasi dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian menggunakan metode komparatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI tahun pelajaran 2019/2020 SMA Negeri 1 Petanahan dan SMA Negeri 1 Gombong sebanyak 504 peserta didik dan diambil sampel sebanyak 223 peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cara proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, independent sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara SMA Negeri 1 Gombong dan SMA Negeri 1 Petanahan pasca implementasi sistem zonasi sekolah. Sistem zonasi tidak dapat memeratakan prestasi belajar di sekolah yang berstatus favorit dalam penelitian ini SMA Negeri 1 Gombong dan sekolah tidak favorit dalam penelitian ini SMA Negeri 1 Petanahan. Simpulan penelitian ini yaitu setelah diimplementasikannya sistem zonasi dalam dunia pendidikan di Indonesia mengakibatkan prestasi belajar di SMA Negeri 1 Gombong dan SMA Negeri 1 Petanahan belum memiliki kategori sama. Kebijakan sistem zonasi belum berhasil memeratakan kualitas di setiap sekolah. Saran dalam penelitian ini, sekolah Perlu diperbaikinya pembagian zona sekolah guna memperbaiki ketimpangan kuota peserta didik yang masih terjadi dan sekolah juga perlu memperbaiki lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sistem Zonasi, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:24
Last Modified: 25 Aug 2021 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44531

Actions (login required)

View Item View Item