PENGARUH LAYANAN INFORMASI TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP SELF-EFFICACY PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT


Kusnarto, Kurniawan (2016) PENGARUH LAYANAN INFORMASI TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP SELF-EFFICACY PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT. Internasional Journal of Counseling and Education, 5 (2). ISSN 2548 - 348x

[thumbnail of 12444-Article Text-25215-2-10-20160915 - AGUS BUDIARDJO.pdf] PDF
Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada fenomena yang terjadi di SMP Negeri 2 Ambal yaitu pemilihan sekolah lanjutan dipengaruhi oleh ajakan teman dan tidak yakin dengan perencanaan sekolah lanjutan yang mereka pilih. Kurangnya informasi menjadikan siswa bingung dalam pengambilan keputusan studi lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi teknik modeling simbolik terhadap self-efficacypengambilan keputusan studi lanjut.Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ambal. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas IX E menjadi sampel penelitian dengan jumlah responden30 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument Skala self-efficacy pengambilan keputusan studi lanjut. Metode analisis data menggunakan deskriptif presentase dan uji T-Test.Hasil penelitian yang diperoleh,self-efficacy pengambilan keputusan studi lanjut siswa sebelum diberikan treatmen sebesar 44,94%, sedangkan setelah diberikan treatmen menjadi 82,36%. Dengan demikian layanan informasi teknik modeling simbolik dapat mempengaruhi self-efficacy dalampengambilan keputusan studi lanjut.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Personality
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: setyarini unnes
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:14
Last Modified: 04 Aug 2021 06:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44430

Actions (login required)

View Item View Item