Kontribusi Pengalaman Kerja dan Keaktifan Organisasi Profesi terhadap Kompetensi Humanis Direktif Guru Bimbingan dan Konseling di Kabupaten Brebes


Awalya, FIP BK and Eem Munawaroh, - and Imam Setyo Nugroho, - and Weni Anggraeni, - and Susilawati, - (2019) Kontribusi Pengalaman Kerja dan Keaktifan Organisasi Profesi terhadap Kompetensi Humanis Direktif Guru Bimbingan dan Konseling di Kabupaten Brebes. In: SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2019, SEMARANG.

[thumbnail of Review Kontribusi Pengalaman Kerja dan Keaktifan Organisasi Profesi terhadap Kompetensi Humanis Direktif Guru Bimbingan dan Konseling di Kabupaten Brebes.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kontribusi pengalaman kerja dan keaktifan organisasi profesi terhadap kompetensi humanis direktif guru bimbingan dan konseling. Penelitian korelasional ini melibatkan 105 guru bimbingan dan konseling di Kabupaten Brebes yang diambil menggunakan teknik cluster sampling. Dengan mengisi skala kompetensi humanis dan data terkait penglaman kerja dan keaktifan organisasi profesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman kerja tidak berkontribusi terhadap kompetensi humanis guru bimbingan dan konseling (R = 0,074, F(1,103) = 0,562, p>0,05). Kemudian hasil penelitian menunjukkan keaktifan organisasi profesi berkontribusi terhadap kompentensi humanis guru bimbingan dan konseling (R = 0,052, F (1,103) = 6,994, p<0,05). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk pengembangan kompetensi humanis guru bimbingan dan konseling.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi humanis, keaktifan organisasi profesi, pengalaman kerja.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
L Education > teacher competence
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 May 2021 10:08
Last Modified: 26 May 2021 10:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44027

Actions (login required)

View Item View Item