Konseling Kelompok Teknik Self Instruction dan Cognitive Restructuring untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik


Rikas Saputra, - and Edy Purwanto, - and Awalya, FIP BK (2017) Konseling Kelompok Teknik Self Instruction dan Cognitive Restructuring untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Bimbingan Konseling, 6 (1). pp. 84-89. ISSN 2252-6889

[thumbnail of Review Konseling Kelompok Teknik Self  Instruction dan Cognitive Restructuring untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengidentifikasi keefektifan konseling kelompok dengan teknik self instructiondan cognitive restructuringuntuk mengurangi perilaku prokratinasi akademik siswa, dan (2) membandingkan konseling kelompok teknik self instruction atau cognitive restructuring yang lebih efektif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Desain pre-test post test control group design”, diterapkan pada 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) konseling kelompok teknik self instructiondan cognitive restructuringefektif mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa, (2) konseling kelompok teknik self instructionlebih efektif dibandingkan teknik cognitive restructuring. Implikasi bagi peneliti lanjut dan pelayanan bimbingan konseling di sekolah didiskusikan dengan metode ini

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: group conceling academic procrastination,self instruction,cogntive restructuring
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 25 May 2021 22:00
Last Modified: 25 May 2021 22:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43992

Actions (login required)

View Item View Item