Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Integrasi-Interkoneksi Nilai-Nilai Alquran


Masturi, FMIPA Pendidikan Fisika (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Integrasi-Interkoneksi Nilai-Nilai Alquran. Unnes Physics Education Journal, 6 (3). pp. 44-52. ISSN 2252-6935

[thumbnail of 19271-Article Text-37555-1-10-20171117.pdf]
Preview
PDF
Download (612kB) | Preview

Abstract

Penggunaan powerpoint dalam pembelajaran masih menampilkan banyak teks, sehingga mengecilkan keterbacaannya dan siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep-konsep Fisika. Oleh karena itu perlu adanya media yang efektif bagi siswa, salah satunya adalah komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, tanggapan siswa, dan keefektifan media komik yang dikembangkan. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan adalah metode penelitian dan pengembangan. Media komik yang dikembangkan memiliki empat karakteristik, yaitu bernuansa islami, menyajikan materi fluida dinamis yang dikaitkan dengan ayat-ayat Alquran, menyajikan nilai-nilai karakter berdasar Alquran, dan adanya halaman yang menyajikan karakter Nabi Muhammad SAW, Aisyah r.a., dan Sultan Fatah. Media komik dinyatakan layak sebagai media oleh ahli materi dan ahli media. Tanggapan siswa terhadap media termasuk kriteria sangat baik karena komik dianggap lebih mudah dipahami dan lebih menarik dibandingkan dengan buku yang digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: physics comic, integrationinterconnection, Alquran values
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Mar 2021 07:55
Last Modified: 31 Mar 2021 07:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43660

Actions (login required)

View Item View Item