PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN ALAT-BAHAN PRAKTIKUM IPA BAGI GURU DAN SISWA SD DI KEPULAUAN KARIMUNJAWA
Masturi, FMIPA Pendidikan Fisika (2018) PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN ALAT-BAHAN PRAKTIKUM IPA BAGI GURU DAN SISWA SD DI KEPULAUAN KARIMUNJAWA. Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kemamampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran IPA disebabkan oleh kurang optimalnya guru dalam memfasilitasi kegiatan belajar siswa menggunakan alat peraga. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pendampingan pengembangan alat-bahan praktikum IPA bagi guru dan siswa SD di Kepulauan Karimunjawa menjadi sangat diperlukan. Kegiatan dilakukan melalui dua sesi yaitu penyampaian materi dan kelas percontohan. Materi disajikan untuk mengembangkan pola pikir tikat tinggi guru dalam mencetuskan ide kreatif dalam membuat alat peraga. Kelas percontohan digunakan untuk mengukur efektivitas metode pembelajaran yang dirancang pada sesi materi. Hasil kegiatan pendampingan ini adalah diperoleh 93% siswa dapat menyerap materi yang diberikan menggunakan alat peraga berdasarkan evaluasi dibandingkan tanpa alat peraga hanya 56%. Selain itu Guru juga mampu mengembangkan kemampuan tingkat tinggi mereka untuk kebutuhan pembelajaran di kelas.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendampingan, guru dan siswa, alat peraga, IPA |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 07:59 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 07:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43638 |
Actions (login required)
View Item |