Disaster Response Team Preparedness in Al Madina Islamic Junior High School
Evi, Widowati (2021) Disaster Response Team Preparedness in Al Madina Islamic Junior High School. HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH RESEARCH AND DEVELOPMENT, 5 (1). pp. 158-170. ISSN 1475-2656
PDF (Uji Turnitin)
Download (1MB) |
|
PDF (Peer Review 2)
Download (658kB) |
|
PDF (Peer Review 1)
Download (1MB) |
|
PDF (Artikel)
Download (168kB) |
Abstract
Taman Bermain merupakan tempat yang menyediakan rekreasi untuk anak-anak, memainkan peran dalam perkembangan ketrampilan, koordinasi, kognitif, psikososial, dan fisik. Hal ini menjadikan posisi dan kondisi anak menjadi rentan terhadap berbagai masalah, seperti masalah kesehatan fisik dan psikis, masalah pendidikan, dan masalah tindak kriminalitas. Pengelolaan taman yang memiliki fasilitas ruang bermain bagi anak memerlukan pengendalian faktor keamanan dan keselamatan, kesehatan. Komisi Keamanan Produk Konsumen di Amerika mencatat tahun 2017, sejumlah 13 jiwa meninggal terkait dengan mainan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan kids safety park sebagai upaya pencegahan kecelakaan pada Taman Bermain X. Jenis penelitian ini adalah dekriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai bulan September 2019. Hasil penelitian ini diketahui bahwa dari 46 poin indikator, rata-rata persentase indikator penerapan yang sesuai sejumlah 59% (27 indikator), tidak sesuai sejumlah 39% (18 indikator), dan tidak ada sejumlah 2% (1 indikator). Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan kids safety park sebagai upaya pencegahan kecelakaan pada Taman Bermain X masih belum maksimal. Saran dari penelitian ini yaitu pengelola Taman Bermain X, melaksanakan kegiatan yang tidak sesuai dan tidak ada.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 05:52 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 07:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43377 |
Actions (login required)
View Item |