Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Integrasi-Interkoneksi Nilai-Nilai Alquran
Lailatul Aslamiyah, - and Masturi, FMIPA Pendidikan Fisika and Sunyoto Eko Nugroho, - (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Integrasi-Interkoneksi Nilai-Nilai Alquran. Unnes Physics Education Journal, 6 (3). pp. 44-52. ISSN 2252-6935
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan powerpoint dalam pembelajaran masih menampilkan banyak teks, sehingga mengecilkan keterbacaannya dan siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep-konsep Fisika. Oleh karena itu perlu adanya media yang efektif bagi siswa, salah satunya adalah komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, tanggapan siswa, dan keefektifan media komik yang dikembangkan. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan adalah metode penelitian dan pengembangan. Media komik yang dikembangkan memiliki empat karakteristik, yaitu bernuansa islami, menyajikan materi fluida dinamis yang dikaitkan dengan ayat-ayat Alquran, menyajikan nilai-nilai karakter berdasar Alquran, dan adanya halaman yang menyajikan karakter Nabi Muhammad SAW, Aisyah r.a., dan Sultan Fatah. Media komik dinyatakan layak sebagai media oleh ahli materi dan ahli media. Tanggapan siswa terhadap media termasuk kriteria sangat baik karena komik dianggap lebih mudah dipahami dan lebih menarik dibandingkan dengan buku yang digunakan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | physics comic, integration- interconnection, Alquran values |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 21 Feb 2021 03:52 |
Last Modified: | 21 Feb 2021 03:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43301 |
Actions (login required)
View Item |