ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TERHADAP SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU TWO POINT 0 (SIKADU 2.0)
Tri Ambar Sari, 7101416144 (2020) ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TERHADAP SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU TWO POINT 0 (SIKADU 2.0). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Kepuasan pengguna merupakan tingkat perasaan atau respon pengguna terhadap manfaat sistem teknologi informasi yang telah digunakan. Pengguna akan merasa puas, jika informasi yang didapatkannya memenuhi kebutuhan. Berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa kepuasan pengguna (mahasiswa) Universitas Negeri Semarang pada Sistem Informasi Akademik Terpadu 2.0 belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial antara kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna (mahasiswa) Universitas Negeri Semarang pada SIKADU 2.0. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 29007 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan proporsional rondom sampling. Sampel yang ditetapkan sebanyak 395 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 79.7% dan taraf signifikansi 0.000 < 0.05. Secara persial pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna sebesar 5.53% dan taraf signifikansi 0.000 < 0.05. Pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sebesar 14.44% dan taraf signifikansi 0.000 < 0.05. Pengaruh kualitas layanan sebesar 20.16% dan taraf signifikansi 0.000 < 0.05. Saran dari penelitian ini adalah: 1) Kualitas sistem pada SIKADU 2.0 sudah baik, tetapi juga perlu adanya peningkatan server sistem atau pengembangan sistem kembali untuk meminimalisir terjadinya error. 2) Kualitas informasi pada SIKADU 2.0 juga sudah baik, tetapi perlu adanya peningkatan mengenai kejelasan informasi yang disajikan agar tidak menimbulkan kebingungan pada mahasiswa serta menyajikan informasi secara tepat waktu dan tidak berubah-ubah. 3) Kualitas layanan SIKADU 2.0 sudah baik tetapi juga perlu meningkatkan rasa empati dan ketanggapan dari penyedia sistem agar mahasiswa yang memerlukan layanan dapat segera ditanggapi dan ditangani secara cepat. Serta menyediakan pegawai khusus yang melayani keluhan dan kendala mahasiswa untuk memberikan solusi secara offline mengenai SIKADU 2.0
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pengguna, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Sistem Informasi Akademik Terpadu 2.0 |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 03:47 |
Last Modified: | 18 Jan 2021 03:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43075 |
Actions (login required)
View Item |