STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA OLAHAN NANAS MADU DI KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG


TRI WANGIYANTI, 7101416057 (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA OLAHAN NANAS MADU DI KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416057.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Suatu pendirian usaha akan membutuhkan strategi yang tepat dalam pengembangan usahanya. Di Desa Beluk Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang ada unit usaha yang dijalankan oleh kelompok masyarakat. Usaha tersebut adalah usaha olahan dari buah nanas madu. Nama usahanya Usaha Olahan Nanas Madu Tiga Sekawan. Usaha Olahan Nanas Madu Tiga Sekawan membutuhkan strategi pengembangan pemasaran dalam proses pengembangan usaha saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui kondisi lingkungan intenal dari Usaha Olahan Nanas Madu di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. 2) Mengetahui kondisi lingkungan eksternal dari Usaha Olahan Nanas Madu di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. 3) Mengetahui strategi pengembangan pemasaran yang dilakukan oleh Usaha Olahan Nanas Madu di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Penelitian ini digunakan untuk memperoleh data secara deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Fokus penelitian ditujukkan pada kondisi lingkungan internal dan eksternal serta strategi pengembangan pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada usaha olahan nanas madu. Penelitian lokasi dilakukan ditempat Usaha Olahan Nanas Madu Tiga Sekawan di Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis matriks SWOT, dan Matriks IE. Setelah dilakukan analisis hasil dari kondisi internal dan eksternal pemasaran Usaha Olahan Nanas Madu adalah kekuatan utama terletak pada harga produk terjangkau, kelemahan utama terletak pada pemasaran produk kurang optimal, Peluang utama terletak pada adanya dukungan dari pemerintah serta ancaman utama terletak pada persaingan produk sejenis/tiruan. Perumusan alternatif strategi menggunakan matriks SWOT dihasilkan empat alternatif pengembangan pemasaran Usaha Olahan Nanas Madu Tiga Sekawan yaitu (1) Mempertahankan harga produk yang sesuai dengan pangsa pasar dan mempererat hubungan dengan pemerintah Kabupaten Pemalang; (2) Mempertahankan harga produk yang sesuai dengan pangsa pasar dan meningkatkan inovasi jenis olahan nanas madu; (3) Meningkatkan pemasaran produk agar lebih optimal dan mempererat hubungan dengan pemerintah Kabupaten Pemalang; (4) Meningkatkan pemasaran produk agar lebih optimal dan Meningkatkan inovasi jenis olahan nanas madu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Usaha, Nanas Madu Pemalang, SWOT, Matrik IE
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:37
Last Modified: 15 Jan 2021 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43061

Actions (login required)

View Item View Item