PENGEMBANGAN PERMAINAN SÉTOUR (SERPENTS ET ÉCHELLES DU TOURISME) SEBAGAI VARIASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH FRANҪAIS DU TOURISME
Isty Mustikaningtyas Wahyuningsih, 2301416001 (2020) PENGEMBANGAN PERMAINAN SÉTOUR (SERPENTS ET ÉCHELLES DU TOURISME) SEBAGAI VARIASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH FRANҪAIS DU TOURISME. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN PERMAINAN SÉTOUR (SERPENTS ET ÉCHELLES DU TOURISME) SEBAGAI VARIASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH FRANҪAIS DU TOURISME)
- Submitted Version
Download (651kB) | Preview |
Abstract
Wahyuningsih, Isty Mustikaningtyas. 2020. Pengembangan Permainan SÉTOUR (Serpents et Échelles du Tourisme) Sebagai Variasi Pembelajaran Mata Kuliah Français du Tourisme. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Dr. Mohamad Syaefudin, M.Pd. Kata Kunci : français du tourisme, ular tangga, variasi pembelajaran Bahasa asing merupakan salah satu hal yang penting dalam dunia pariwisata sebagai bahasa pengantar. Dikarenakan kondisi tersebut, pariwisata berbahasa Prancis dipelajari di program studi pendidikan Bahasa Prancis, Universitas Negeri Semarang. Français du Tourisme adalah salah satu cabang pengajaran bahasa Prancis pada Specific Objectives (FOS). Penelitian ini sudah dilakukan, yakni mengembangkan permainan ular tangga sebagai variasi pembelajaran, karena ular tangga merupakan permainan yang familiar di kalangan pelajar, karena mudah untuk dimainkan, sehingga efektif sebagai media pembelajaran untuk beberapa pelajaran. Penelitian ini menitikberatkan pada salah satu keterampilan mempromosikan keberagaman budaya yang ada di Kota Semarang. Keberagaman budaya tersebut, meliputi tempat wisata, kuliner khas, dan acara kebudayaan. Sedangkan, Kota Semarang dipilih karena mahasiswa berada di Kota Semarang, setidaknya pelajar dapat mengenalkan keberagaman budaya Kota Semarang. Mahasiswa dalam penelitian ini mendeskripsikan keberagaman budaya secara lisan. Hal ini untuk memberi kesan bahwa para mahasiswa telah turun ke lapangan sebagai pemandu wisata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis permainan Serpents et Échelles du Tourisme (Sétour) sebagai variasi pembelajaran mata kuliah Franҫais du Tourisme, dan tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk pengembangan permainan ular tangga sebagai variasi pembelajaran untuk mencapai kemampuan yang diharapkan, mampu mempresentasikan keberagaman budaya di kota Semarang dalam mata kuliah Franҫais du Tourisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model desain instruksional ADDIE. Selain itu juga, terdapat buklet sebagai media penyampaian materi, sudah berdasarkan saran-saran validator. Buklet ini memuat tentang petunjuk permainan, materi keberagaman budaya, dan evaluasi yang terdiri dari 10 soal. Ada juga kartu permainan, yakni kartu yang berisi pertanyaan diletakaan pada setiap kotak, kecuali kotak yang terdapat kepala ular. Pertanyaan tersebut harus bisa dijawab oleh pemain sebelum mendapatkan kesempatan untuk menjalankan pion. Produk ini sudah divalidasi oleh dosen ahli materi sekaligus ahli media.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | français du tourisme, ular tangga, variasi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials P Language and Literature > PDA French Languages P Language and Literature > PU French Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 01:41 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 01:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42997 |
Actions (login required)
View Item |