PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA BERBASIS LEGENDA RATU KALINYAMAT UNTUK PESERTA DIDIK SMP
Fifi Anis Magfiroh, 2101416080 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA BERBASIS LEGENDA RATU KALINYAMAT UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS NASKAH DRAMA BERBASIS LEGENDA RATU KALINYAMAT UNTUK PESERTA DIDIK SMP)
- Submitted Version
Download (568kB) | Preview |
Abstract
Magfiroh, Fifi Anis. 2020. Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Naskah Drama Berbasis Legenda Ratu Kalinyamat Untuk Peserta Didik SMP. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Mulyono, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci: buku pengayaan, menulis naskah drama, legenda Ratu Kalinyamat Pembelajaran menulis naskah drama di SMP masih membutuhkan buku pendamping buku utama berupa buku pengayaan. Penggunaan buku pengayaan diharapkan peserta didik dapat meningkatkan ketrampilan menulis naskah drama. Penyusunan buku pangayaan berbasis legenda Ratu Kalinyamat sebagai upaya penganalan sastra daerah dan perbaikan karakter serta moral pelajar SMP. Tujuan penelitian, yaitu mendeskripsikan (1) kebutuhan buku pengayaan menulis naskah drama berbasis legenda Ratu Kalinyamat, (2) prototipe buku pengayaan menulis naskah drama berbasis legenda Ratu Kalinyamat untuk peserta didik SMP, (3) penilaian serta saran ahli dan guru terhadap buku pengayaan menulis naskah drama, dan (4) hasil perbaikan prototipe buku pengayaan menulis naskah drama berbasis legenda Ratu Kalinyamat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Reaserch and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan wawancara tidak terstruktur untuk memperoleh data kebutuhan peserta didik dan guru serta data validasi produk buku pengayaan menulis naskah drama. Analisis data penelitian menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan pemaparan data dan simpulan data. Hasil penelitian, yaitu (1) peserta didik dan guru membutuhkan buku pengayaan menulis naskah drama untuk menunjang pembelajaran di sekolah, (2) prototipe buku pengayaan menulis nasah drama meliputi aspek materi/isi, aspek penyajian, aspek kebahasaan dan keterbacaan, serta aspek kegrafikaan, (3) nilai rata-rata yang diperoleh dari pengembangan buku pengayaan menulis naskah drama berbasis legenda Ratu Kalinyamat yaitu dengan kategori sangat baik, (4) perbaikan prototipe buku pengayaan menulis naskah drama meliputi aspek materi/isi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikaan. Berdasarkan penilaian dari dosen ahli dan guru menunjukkan bahwa buku pengayaan menulis naskah drama berbasis legenda Ratu Kalinyamat untuk peserta didik SMP layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Ada beberapa saran ditujukan kepada beberapa pihak, yaitu peserta didik dan guru dapat menggunakan buku pengayaan menulis naskah drama sebagai sumber belajar tambahan dan bagi penelitian lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai dasar kajian penelitian sama.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, menulis naskah drama, legenda Ratu Kalinyamat |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 01:21 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 01:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42989 |
Actions (login required)
View Item |