PENGARUH POSITIVE WORD OF MOUTH TERHADAP CONSUMER TRUST LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR


Husnu Ulya Amali, 1511416091 (2020) PENGARUH POSITIVE WORD OF MOUTH TERHADAP CONSUMER TRUST LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH POSITIVE WORD OF MOUTH TERHADAP CONSUMER TRUST LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR]
Preview
PDF (PENGARUH POSITIVE WORD OF MOUTH TERHADAP CONSUMER TRUST LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR) - Submitted Version
Download (491kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Amali, Husnu Ulya. 2020. “Pengaruh Positive Word of Mouth Terhadap Consumer Trust Lembaga Bimbingan Belajar”. Skripsi. Jurusan Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Amri Hana Muhammad, S.Psi., M.A. Kata Kunci: Positive WOM, Consumer Trust, Lembaga Bimbingan Belajar Lembaga bimbngan belajar merupakan salah satu kebutuhan khususnya oleh siswa. Baik pada sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga yang akan mendaftar ke perguruan tinggi. Konsumen ini tidak akan mengikuti lembaga bimbingan belajar apabila tidak percaya. Kepercayaan konsumen (consumer trust) inilah yang harusnya dibangun oleh pengelola. Pada kenyataannya siswa mengetahui suatu lembaga bimbingan belajar tidak lain dapat berasal dari teman maupun keluarganya dengan mendengar informasi-informasi melalui percakapan dari mulut ke mulut (word of mouth). WOM yang diterima maupun yang akan diberikan pada orang lain jika bersifat positif akan memberikan keuntungan pada suatu lembaga bimbingan belajar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran positive word of mouth, consumer trust, dan pengaruh positive word of mouth terhadap consumer trust lembaga bimbingan belajar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala consumer trust dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,947 dari 40 aitem valid dan skala positive word of mouth dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,874 dari 32 aitem valid. Metode sampling yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah subjek sebanyak 66 responden, dimana responden tersebut adalah member dari bimbingan belajar Primagama berbagai usia dan jenis kelamin. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Hasil uji hipotesis didapatkan signifikansi sebesar 0,363 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,002 atau 0,2%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak atau dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh positive word of mouth terhadap consumer trust lembaga bimbingan belajar. Faktor lain yang diduga mempengaruhi consumer trust yaitu satisfaction atau kepuasan pelanggan, citra merek, kualitas barang atau jasa, dan lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Positive WOM, Consumer Trust, Lembaga Bimbingan Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Student Behavior
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 01:09
Last Modified: 14 Jan 2021 01:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42986

Actions (login required)

View Item View Item