PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA STANDARISASI NASIONAL PRODUK SELANG KOMPOR GAS LPG (Liquified Petroleum Gas)


MUHAMMAD ELVIN RANGGA, 8111413108 (2020) PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA STANDARISASI NASIONAL PRODUK SELANG KOMPOR GAS LPG (Liquified Petroleum Gas). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA STANDARISASI NASIONAL PRODUK SELANG KOMPOR GAS LPG (Liquified Petroleum Gas)]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA STANDARISASI NASIONAL PRODUK SELANG KOMPOR GAS LPG (Liquified Petroleum Gas)) - Submitted Version
Download (612kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Muhammad Elvin Rangga. “Perlindungan Konsumen pada Standarisasi Nasional Produk Selang Kompor Gas LPG ( Liquified Petroleum Gas )”. Skripsi bagian hukum Pedata-Dagang, Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing : Dr. Duhita Driyah S, S.H. M.Hum. Kata Kunci: Selang Kompor Gas LPG, SNI, Konsumen Selang gas LPG yang beredar saat ini ada yang tidak memenuhi Standarisasi Nasional Indonesia yang cenderung memberikan dampak negativ. Dengan demikian masyarakat merasa dirugikan, penjualan produk selang kompor gas LPG yang tidak memenuhi SNI melanggar hak-hak konsumen dalam Pasal 4 UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengawasan peredaran produk Selang Kompor Gas LPG tidak SNI dan 2) Bagaimana perlindungan konsumen terhadap Selang Kompor Gas LPG tidak SNI.. Penelitian hukum ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan yuridis empiris, dalam metode ini data primer diperoleh dari Disperindag Provinsi Jawa Tengah. Data sekunder di peroleh dari sumber kepustakaan serta responden yaitu konsumen dan pelaku usaha Selang Kompor Gas LPG. Hasil dan pembahasan penelitian: (1) Pengawasan sudah dilakukan setiap bulan tetapi belum efektif, karena pengawasan tersebut untuk semua produk yang sudah wajib SNI (2). Perlindungan hukum kepada konsumen terhadap Selang kompor gas LPG tidak SNI belum maksimal dalam penegakkan hukumnya. Simpulan: (1) Pengawasan terhadap produk selang kompor gas LPG tidak SNI oleh Disperindag belum maksimal karena pengawasan dilakukan untuk semua produk wajib SNI belum ada pengawasan secara khusus terhadap peredaran produk selang kompor gas LPG tidak SNI di Kota Semarang. (2) Perlindungan konsumen terhadap selang kompor gas LPG tidak SNI di Kota Semarang belum maksimal dalam pelaksanaan penegakkan hukumnya ini dibuktikan dengan masih beredarnya selang kompor gas LPG yang tidak memenuhi SNI. Penulis memberikan saran Konsumen harus lebih teliti, dan selektif dalam memilih produk Selang Kompor Gas LPG yang beredar di pasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Selang Kompor Gas LPG, SNI, Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 13 Jan 2021 07:47
Last Modified: 13 Jan 2021 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42970

Actions (login required)

View Item View Item