PENGARUH LATIHAN HURDLE HOPS DAN KNEE-TUCK JUMP TERHADAP PENINGKATAN TINGGI LONCATAN (Pada Siswa Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Negeri 3 Ungaran Tahun 2019)
Azis Malikhul Majid, 6301415153 (2020) PENGARUH LATIHAN HURDLE HOPS DAN KNEE-TUCK JUMP TERHADAP PENINGKATAN TINGGI LONCATAN (Pada Siswa Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Negeri 3 Ungaran Tahun 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH LATIHAN HURDLE HOPS DAN KNEE-TUCK JUMP TERHADAP PENINGKATAN TINGGI LONCATAN (Pada Siswa Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Negeri 3 Ungaran Tahun 2019))
- Submitted Version
Download (708kB) | Preview |
Abstract
Azis Malikhul Majid. 2020. Pengaruh Latihan Hurdle Hops Dan Knee-Tuck Jump Terhadap Peningkatan Tinggi Loncatan (Pada Siswa Ekstrakurikuler Bolavoli SMP Negeri 3 Ungaran Tahun 2019). Skripsi. Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Sri Haryono, S. Pd., M. Or. Kata kunci: Latihan, Hurdle Hops, Knee-Tuck Jump, Vertical Jump Latihan hurdle hops dan knee-tuck jump adalah contoh dari latihan plyometrics yang merupakan unsur penunjang untuk meningkatkan kekuatan dan daya ledak otot tungkai yang digunakan untuk meloncat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh latihan hurdle hops dan knee-tuck jump terhadap peningkatan tinggi loncatan pada siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 3 Ungaran tahun 2019?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan hurdle hops dan knee-tuck jump terhadap peningkatan tinggi loncatan pada siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 3 Ungaran tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 3 Ungaran sebanyak 20 orang yang diambil menggunakan total sampling. Untuk menentukan kelompok treatment, sampel melakukan pre-test. Data diolah menggunakan SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi kelompok Hurdle Hops sebesar 0.012, Knee-tuck Jump sebesar 0.013, menunjukan keduanya berpengaruh signifikan terhadap tinggi loncatan sampel, nilai signifikansi kedua metode latihan menunjukan 0.596, maka perbandingan hasil post-test keduanya tidak signifikan. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis adalah hipotesis 1 diterima, hipotesis 2 diterima, dan hipotesis 3 ditolak. Kedua metode latihan sama-sama baik. Saran adalah pelatih dapat menggunakan kedua variasi model latihan ini untuk meningkatkan tinggi loncatan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Latihan, Hurdle Hops, Knee-Tuck Jump, Vertical Jump |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 09:52 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 09:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42936 |
Actions (login required)
View Item |