KORELASI PERSEPSI KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA UNGGULAN NURUL ISLAMI MIJEN


Chinta Celi Ayu Cendana, 4301416067 (2020) KORELASI PERSEPSI KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA UNGGULAN NURUL ISLAMI MIJEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KORELASI PERSEPSI KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA UNGGULAN NURUL ISLAMI MIJEN]
Preview
PDF (KORELASI PERSEPSI KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA UNGGULAN NURUL ISLAMI MIJEN) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Celi, Chinta. (2020). Korelasi Persepsi Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa selama Pandemi Covid-19 di SMA Unggulan Nurul Islami Mijen. Skripsi, Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Harjono, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Daring,PLS (Partial Least Square). Salah satu kemampuan siswa yang dibutuhkan dalam kurikulum 2013 adalah kemampuan metakognitif. Beberapa hasil penelitian menunjukkan kemampuan metakognitif mempengaruhi kemampuan berpikir kritis. Peneliti tertarik untuk menjelaskan keterkaitan kemampuan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran kimia pada materi titrasi Asam Basa karena materi ini adalah materi pertama yang dilakukan saat pandemi covid-19 muncul. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui korelasi persepsi kemampuan metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas XI di SMA Ungulan Nurul Islami Mijen pada masa pandemi Covid-19. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 30 siswa berasal dari kelas XI MIPA SMA Unggulan Nurul Islami Mijen. Data penelitian diperoleh menggunakan angket persepsi kemampuan metakognitif dan tes kemampuan berpikir kritis. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis PLS (Partial Least Square) berbantuan software SmartPLS3.0. Hasil analisis dengan teknik PLS menunjukkan terdapat tiga model yang berhasil diperoleh yaitu model 1 disebut sebagai model awal, model 2 estimasi dari model 1 dan model 3 sebagai model akhir. Berdasarkan justifikasi analisis, model 3 dianggap sebagai model penelitian yang paling baik. Pada penelitian ini dapat disimpulakan adanya korelasi persepsi kemampuan metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Kelas XI di SMA Unggulan Nurul Islami Mijen pada masa pandemi Covid-19 sebesar 0,360.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Daring,PLS (Partial Least Square).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Chemistry Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 12 Jan 2021 08:17
Last Modified: 12 Jan 2021 08:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42917

Actions (login required)

View Item View Item