KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN ANALISIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI SKIMMING AND MIND MAPPING GELOMBANG MEKANIK
Marosyana Ayu Febriani, 4201416023 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN ANALISIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI SKIMMING AND MIND MAPPING GELOMBANG MEKANIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN ANALISIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI SKIMMING AND MIND MAPPING GELOMBANG MEKANIK)
- Submitted Version
Download (727kB) | Preview |
Abstract
Febriani, Marosyana. A. 2020. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Analisis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Posing ditinjau dari Skimming and Mind Mapping Gelombang Mekanik. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing utama Dr. Upik Nurbaiti, M.Si. Kata kunci : kreatif, analisis, problem posing, skimming and mind mapping Berpikir kreatif dan analisis merupakan kemampuan yang dibutuhkan peserta didik dalam mempelajari Fisika pada pokok bahasan gelombang mekanik dengan mengembangkan ide/gagasan sehingga dapat dianalisis melalui contoh kehidupan sehari-hari. Kemampuan berpikir kreatif dan analisis peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Dempet Kabupaten Demak ketika belajar fisika kurang maksimal dan lebih cepat merasa bosan. Hal tersebut dikarenakan peserta didik masih bergantung pada rumus-rumus yang digunakan tanpa mengetahui konsep, serta pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan hanya diam memperhatikan penjelasan guru. Pembelajaran yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan analisis adalah menggunakan model pembelajaran Problem Posing ditinjau dari skimming and mind mapping, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dan analisis. Pada penelitian ini menggunakan mixed methods dan sampel dipilih melalui teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan treatment model pembelajaran Problem Posing ditinjau dari skimming and mind mapping, sedangkan kelas kontrol diberikan model pembelaran Problem Based Learning. Hasil penelitian ini didapatkan adanya keefektifan dari treatment yang digunakan pada kelas eksperimen, dimana 75% peserta didik tuntas secara klasikal dengan ketuntasan individu , dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif dan analisis pada kelas eksperimen melebihi kelas kontrol dengan . Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin peserta didik mengikuti dengan baik pembelajaran menggunakan Problem Posing melalui teknik skimming and mind mapping maka semakin baik juga hasil tes kemampuan akhir berpikir kreatif dan analisis. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan triangulasi pada setiap kategori pengamatan skimming and mind mapping dengan hasil kemampuan akhir berpikir kreatif dan analisis
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : kreatif, analisis, problem posing, skimming and mind mapping |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 08:10 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 08:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42915 |
Actions (login required)
View Item |