KEEFEKTIFAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN IPA SD DI KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG


Septiani ‘Izzatul Musyarokhah, 1401416112 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN IPA SD DI KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN IPA SD DI KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN IPA SD DI KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG) - Submitted Version
Download (701kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Septiani Izzatul Musyarokhah.2020. Keefektifan Media PowerPoint Terhadap Kemampuan Berkomunikasi dalam Pembelajaran IPA SD di Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang. Sarjana Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing. Dr. Eko Purwanti, M.Pd.241 halaman. Berdasarkan data pra penelitian yang dilaksanakan pada kelas V SDN Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang bahwa pada pembelajaran IPA siswa masih kurang optimal, hal tersebut dikarenakan pemanfaatan media pembelajaran yang kurang optimal selama proses pembelajaran IPA. Guru cenderung menggunakan buku tematik atau gambar tanpa membuat siswa ikut berperan. Liquid Crystal Display (LCD) yang dimiliki sekolah juga belum dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga perlu diberikan perlakuan menggunakan media interaktif berupa PowerPoint dimana media tersebut dapat membuat siswa lebih termotivasi saat belajar dan juga membuat siswa lebih aktif dan kreatif.. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Radom Sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Candimulyo 1 sebagai kelas eksperimen dan SDN Sonorejo sebagai kelas kontol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis, uji n-gain, dan analisis deskriptif. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,202 > 2,014), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berkomunikasi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil Uji N-Gain diperoleh kategori sedang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah media PowerPoint efektif digunakan terhadap kemampuan berkomunikasi siswa. Pembelajaran dengan media PowerPoint harus dipersiapkan dan direncanakan dengan baik supaya siswa lebih termotivasi untuk belajar dan hasil yang diperoleh lebih maksimal. Media PowerPoint juga dapat dijadikan alternatif media pembelajaran bagi guru yang dapat diterapkan dalam beberapa muatan pembelajaran. Kata kunci : media PowerPoint, keefektifan, media powerpoint, berkomunikasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media PowerPoint, keefektifan, media powerpoint, berkomunikasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 12 Jan 2021 06:50
Last Modified: 12 Jan 2021 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42892

Actions (login required)

View Item View Item