PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM TUNAS HARAPAN JAYA SEMARANG


Shinta Aprilia Ludirini, 1201416069 (2020) PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM TUNAS HARAPAN JAYA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM TUNAS HARAPAN JAYA SEMARANG]
Preview
PDF (PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM TUNAS HARAPAN JAYA SEMARANG) - Submitted Version
Download (659kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ludirini, Shinta Aprilia. 2020. “Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Warga Belajar Paket C Di PKBM Tunas Harapan Jaya Semarang”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Fakhruddin, M,Pd Kata Kunci : Peran Tutor, Motivasi Belajar, Warga Belajar, Paket C. Banyak warga belajar paket C PKBM Tunas Harapan Jaya telah bekerja sehingga butuh pengendalian diri antara bekerja dan mengejar pendidikan.Rumusan masalahpada penelitian ini mengenai bagaimana motivasi belajar warga belajar paket c, peran tutor meningkatkan motivasi belajar warga belajar, faktor pendukung dan penghambat tutor dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket c di PKBM Tunas Harapan Jaya. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan motivasi belajar warga belajar paket c, peran yang dilakukan tutor meningkatkan motivasi belajar, apa saja faktor pendukung dan penghambat tutor dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket c di PKBM Tunas Harapan Jaya. Metode penelitiannya kualitatif dengan pendekatan fenomenologi,untuk subyek penelitiannya terdiri1 pengelola PKBM, 2 tutor paket C, 6 warga belajar paket C. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa motivasi warga belajar beragam ada yang terlihat antusias saat belajar dan ada yang tidak, terlihat dari jarang masuk kelas. Peran tutor untuk meningkatkan motivasi belajar adalah menciptakan kondisi pembelajaran yang lebih interaktif, sehingga kondusif untuk belajar, materi belajar disesuaikan dengan kebutuhan warga belajar, tutor mengelola pembelajaran di dalam kelas dengan metode yang menyenangkan dan tidak ada tekanan tugas yang memberatkan warga belajar. Terdapat faktor pendukung motivasi belajar yang meningkat ini yaitu adanya dukungan dari pengelola PKBM yang memberi kebebasan berkreasi dalam mengelola pembelajaran, kompetensi tutor pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, serta pengalaman tutor dalam tugas pembelajaran. Faktor penghambat dalam peran tutor antara lain seperti kesibukan tutor dalam kegiatannya di luar pembelajaran, sarana prasarana yang minim, serta gaji para tutor yang masih kecil. Simpulan hasil penelitian ini berperan tutor untuk meningkatkan motivasi belajar mereka supaya warga belajar bisa senang mengikuti pembelajaran dan termotvasi.Adanya beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat tutor dalam memotivasi warga belajar paket C. Saran yang diberikan penambahan sarana prasarana, warga bisa saling mengingatkan untuk hadir, pengelola tertib melakukan monitoring dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Tutor, Motivasi Belajar, Warga Belajar, Paket C
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > teacher competence
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 12 Jan 2021 06:17
Last Modified: 12 Jan 2021 06:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42886

Actions (login required)

View Item View Item