ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM AKADEMI KEPOLISIAN ANGKATAN 53 MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA MATA KULIAH FUNGSI TEKNIS KEPOLISIAN
Ahmad Roadin, 1102415077 (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM AKADEMI KEPOLISIAN ANGKATAN 53 MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA MATA KULIAH FUNGSI TEKNIS KEPOLISIAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM AKADEMI KEPOLISIAN ANGKATAN 53 MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA MATA KULIAH FUNGSI TEKNIS KEPOLISIAN)
- Submitted Version
Download (858kB) | Preview |
Abstract
Ahmad Roadin. 2020. Analisis Implementasi Kurikulum Akademi Kepolisian Angkatan 53 Menggunakan Model CIPP pada Mata Kuliah Fungsi Teknis Kepolisian. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Edi Subkhan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Analisis Kurikulum, Kuirkulum Akpol, Model CIPP, Fungsi Teknis Kepolisian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek context, input, process, dan product dalam implementasi kurikulum Akademi Kepolisian angkatan 53 pada mata kuliah fungsi teknis kepolisian. Penelitian merupakan penelitian analitis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) analisis context secara umum sudah baik dikarenakan analisis kebutuhan dilaksanakan di dalam dan diluar institusi, tujuan pembelajaran jelas dan terukur, kebijakan serta lingkungan belajar sangat mendukung. Namun masih ditemukan hambatan khususnya pada kegiatan analisis kebutuhan. (2) Analisis input sudah sangat baik dikarenakan sarana prasana yang ada sangat mendukung, peserta didik dipilih melalui seleksi yang ketat, tenaga pendidik yang berkompeten, sumber belajar yang lengkap, serta strategi belajar yang sesuai dengan kondisi di lapangan. Tetapi masih ditemukan hambatan pada komponen sumber peserta didik, tenaga pendidik, dan strategi belajar yang digunakan. (3) Analisis process yang meliputi pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan peran dosen sudah baik, dikarenakan perlaksanaan pembelajaran pada mata kuliah fungsi teknis kepolisian sudah sesuai dengan kurikulum, desain intruksional, serta jadwal, evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan sistematis dan periodik, dosen berperan secara optimal. Namun masih ditemukan hambatan pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran dan peran dosen dalam pembelajaran. (4) Analisis product sudah baik, dikarenakan hasil belajar taruna menunjukan hasil yang memuaskan serta ketercapaian tujuan instruksional pembelajaran yang semua dapat tercapai. Namun tujuan institusional atau tujuan jangka panjang belum dapat diketahui dikarenakan belum ada produk lulusan pada kurikulum angkatan 53.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kurikulum, Kuirkulum Akpol, Model CIPP, Fungsi Teknis Kepolisian |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 04:32 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 04:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |