PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK
Amalina Artani, 4301416086 (2020) PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK)
- Published Version
Download (14MB) | Preview |
Abstract
Materi pembelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang kurang disenangi dan kerap dianggap sulit oleh beberapa peserta didik, oleh karena itu perlu pembelajaran yang menarik serta memupuk daya kreasi dan inovasi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) pada model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan kahoot terhadap hasil belajar kognitif dan afektif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian control group pretest-posttest desain. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dilakukan melalui metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data menggunakan uji Normalitas, uji Kesamaan dua varians, uji Mann-Whitney, Uji Spearman Rank, dan Koefisien Determinasi yang dilakukan dengan bantuan SPSS versi 24. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji Mann-Whitney diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) 0,027 < 0,05 sehingga rata-rata nila posttest secara uji SPSS berbeda. Hasil analisis Spearman (r’) didapatkan sig. (2-tailed) 0,025 < 0.05 maka dikatakan ada hubungan yang signifikan atau terdapat pengaruh pada penerapan pendekatan CEP. Hasil nilai koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,099 atau sama dengan 9,9 % (tergolong rendah). Penerapan pendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) membuat peserta didik aktif dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar afektif kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, sedangkan berdasarkan angket respon peserta didik terhadap penerapan pendekatan CEP menyatakan peserta didik 28% sangat setuju, 64% setuju, dan 8% tidak setuju dengan penerapan pendekatan CEP.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chemo-Entrepreneurship (CEP), Kahoot, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 01:02 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 01:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42876 |
Actions (login required)
View Item |