PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL EDUCATIONAL GAMES GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MELALUI ROLLING BOX (RO-BOX) BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 SEMARANG


Pawitrasari Mahestyas Ramadhani, 4201416084 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL EDUCATIONAL GAMES GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MELALUI ROLLING BOX (RO-BOX) BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL EDUCATIONAL GAMES GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MELALUI ROLLING BOX (RO-BOX) BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL EDUCATIONAL GAMES GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MELALUI ROLLING BOX (RO-BOX) BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 SEMARANG) - Submitted Version
Download (639kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ramadhani, Pawitrasari Mahestyas. 2020.Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Model Educational Games Guna Meningkatkan Minat Belajar Melalui Rolling Box (Ro-Box) Bagi Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Semarang. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Dr. Sugianto, M.Si. Kata kunci: educational games, minat belajar, dan Rolling Box (Ro-Box). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan suatu media pembelajaran fisika berbasis educational games berupa Rolling Box (Ro-Box) yang dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika untuk peserta didik kelas X SMA; 2) mengetahui peningkatan minat belajar fisika peserta didik kelas X SMA terkait dengan penggunaan Rolling Box (Ro-Box) sebagai media pembelajaran fisika.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian ini terdiri atas 14 peserta didik kelas X MIPA 8 dan 28 peserta didik kelas X MIPA 9 di SMA N 2 Semarang. Data validasi dosen dan guru fisika diperoleh melalui angket. Data hasil respon peserta didik diperoleh melalui angket respon. Data peningkatan minat belajar peserta didik diperoleh melalui angket.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis masukan dari validator maupun peserta didik. Teknik analisis data secara kuantitatif digunakan untuk menganalisis penilaian validator, hasil angket respon peserta didik, peningkatan minat belajar, dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini adalah: 1) media pembelajaran berbasis educational games berupa Rolling Box (Ro-Box) dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika. Kelayakan media pembekajaran berbasis educational games berupa Rolling Box (Ro-Box) termasuk dalam kategori sangat baik; 2) persentase ketercapaian peningkatan minat belajar peserta didik sebesar 5,9 % dan termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: educational games, minat belajar, dan Rolling Box (Ro-Box).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 09 Jan 2021 23:59
Last Modified: 09 Jan 2021 23:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42865

Actions (login required)

View Item View Item