SURVEI MANAJEMEN WAHANA REKREASI AIR DAN STANDAR KELAYAKAN SARPRAS DI PANCASAN DREAM LAND PARK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018


Rosyikhon Halim, 6101413175 (2020) SURVEI MANAJEMEN WAHANA REKREASI AIR DAN STANDAR KELAYAKAN SARPRAS DI PANCASAN DREAM LAND PARK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101413175.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Minat masyarakat akan olahraga rekreasi sangat meningkat dikarenakan olahraga rekreasi mampu memberikan sesuatu yang berbeda dari jenis-jenis olahraga lainnya. Pancasan Dream Land Park di Kabupaten Banyumas yang merupakan wahana rekreasi air yang menarik dengan berbagai fasilitasnya, namun manajemen pengelolaanya belum diketahui secara pasti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen wahana rekreasi air di Pancasan Dream Land Park Kabupaten Banyumas yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Lokasi penelitian ini diambil di Pancasan Dream Land Park di desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Subyek penelitian meliputi general manajer, koordinator bidang keuangan dan perlengkapan serta pengunjung wahana. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dengan metode analisis data berupa analisis kualitatif melalui kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses perencanaan pengelolaan wahana Pancasan Dream Land Park sudah berjalan sesuai dengan fungsi manajemen sehingga mampu mencapai tujuan yaitu menjadi wahana khusunya wisata rekreasi air dan sebagai lahan edukasi yang berkualitas. (2) Pelaksanaan pengorganisasian di wahana Pancasan Dream Land Park sudah berjalan dengan pelaksanaan dasar-dasar organisasi yang baik seperti memiliki struktur organisasi dengan pembagian kerja yang jelas. (3) Pelaksanaan pengarahan yang dilakukan manajemen Pancasan Dream Land Park dilakukan oleh seorang General manager. Setiap pengarahan dilakukan dalam rapat kordinasi baik koordinasi dengan koordinator bidang maupun dengan staf. (4) Pengawasan yang dilakukan oleh pihak manajemen Pancasan Dream Land Park sudah berjalan sesuai dengan fungsinya baik pengawasan terhadap sarana prasarana wahana maupun pengawasan pengunjung. Simpulan penelitian yaitu manajemen pengelolaan wahana rekreasi air di Pancasan Dream Land Park sudah berjalan dengan baik. Saran penelitian yaitu pihak pengelola wahana hendaknya menyusun program yang lebih menarik untuk meningkatkan jumlah pengunjung dengan promosi menarik. Selain itu, sumber daya alam yang utama yaitu air hendak dipertahankan dan dijaga untuk kelestariannya agar tidak sampai rusak atau hilang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Wahana, Rekreasi, Pancasan Dream Land Park
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 08 Jan 2021 06:20
Last Modified: 08 Jan 2021 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42780

Actions (login required)

View Item View Item