PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SEJARAH DI SMA NEGERI I KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN
Muhamad Nurul Farih, 3101413045 (2020) PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SEJARAH DI SMA NEGERI I KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SEJARAH DI SMA NEGERI I KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN)
- Submitted Version
Download (632kB) | Preview |
Abstract
Farih, Muhamad Nurul. 2020. Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Sejarah di SMA Negeri I Kajen Kabupaten Pekalongan. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Hamdan Tri Atmaja, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Fasilitator, Pembelajaran Sejarah Penelitian Skripsi ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan dengan masalah tentang peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran Sejarah. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana peran gurusebagai fasilitator dalam proses pembelajaran Sejarah di SMA Negeri I Kajen Kabupaten Pekalongan? Faktor apa saja yang menghambat peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran Sejarah di SMA Negeri I Kajen Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan serta faktor yang menghambat peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran Sejarah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yaitu wawancara. Sedangkan analsis daa menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif, yaitu mendiskripsikan dan menginterpretasikan data - data yang telah didapat sehingga mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa guru Sejarah SMA Negeri I Kajen sudah berusaha menjalankan perannya sebagai fasilitator seperti berusaha mendengarkan kebutuhan peserta didik, bersikap sabar, memfasilitasi kegiatan pembelajaran, menghargai peserta didik, bersikap positif, membangun suasana keakraban dan komunikasi personal serta bersikap sederajat di depan peserta didik. Namun terkadang masih terlihat sikap guru kurang sabar, masih sesekali berusaha menceramahi siswa. Kedua, faktor penghamabat masih belum maksimalnya peran guru sebagai fasilitator adalah faktor kebiasaan guru dalam mengajar dimana selama ini guru sudah terbiasa mengajar dengan pola lama dan ini sangat kuat mempengaruhi gaya guru saat mengajar. Selain itu, penguasaan guru terhadap teori peran guru sebagai fasilitator masih belum maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Fasilitator, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > teacher competence L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 08 Jan 2021 04:57 |
Last Modified: | 08 Jan 2021 04:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42774 |
Actions (login required)
View Item |