KEEFEKTIFAN MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS IV GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN JEPARA
Nora Sara Damayanti, 1401416031 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS IV GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS IV GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN JEPARA)
- Published Version
Download (10MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian melalui observasi, wawancara, dan data dokumen berupa hasil belajar di SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Jepara pada kelas IV diperoleh data hasil belajar muatan IPS kurang optimal. Guru cenderung mengggunakan model pembelajaran direct instructon yang berpusat pada guru dan media pembelajaran berupa gambar sehingga kurang optimal dalam memperjelas materi pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran circuit learning berbantuan media kartu kuartet terhadap hasil belajar IPS materi peninggalan sejarah Hindu Budha serta untuk mendeskripsikan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Jepara dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Karangrandu sejumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 02 Pecangaan Wetan sejumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar posttest siswa di kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,3 dibandingkan kelas kontrol hanya memperoleh nilai 66,6. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 77% dibandingkan kelas kontrol yaitu 61%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 2,9627 > ttabel = 2,0009 maka Ho ditolak yang berarti model pembelajaran circuit learning berbantuan media kartu kuartet lebih efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran circuit learning berbantuan media kartu kuartet efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah Hindu Budha dan dapat meningkatkan hasil belajar serta aktivitas siswa kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Jepara.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; IPS; keefektifan; kartu kuartet; Circuit Learning |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 08:39 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 08:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42606 |
Actions (login required)
View Item |