STRATEGI BAURAN PEMASARAN PASAR JATEN KELURAHAN SUKOREJO KOTA SEMARANG
Yuni Puspitasari, 7101416167 (2020) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PASAR JATEN KELURAHAN SUKOREJO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (STRATEGI BAURAN PEMASARAN PASAR JATEN KELURAHAN SUKOREJO KOTA SEMARANG)
- Submitted Version
Download (556kB) | Preview |
Abstract
Puspitasari, Yuni. 2020. “Strategi Bauran Pemasaran Pasar Jaten di Kelurahan Sukorejo Kota Semarang”. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Inaya Sari Melati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Bauran Pemasaran, SWOT Pemegang peranan penting dalam perekonomian di antaranya adalah pelaku kegiatan ekonomi dan pemerintah yang senantiasa mendukung usahanya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui strategi produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik pada Wisata Kuliner Pasar Jaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yang digunakan pendekatan analisis SWOT. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengguakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis SWOT dalam metode eksternal menunjukan titik koordinat terletak pada daerah pertumbuhan V dengan faktor internal 2,27 dan faktor eksternal dengan 2,75 yaitu mendukung strategi integrasi horizontal. Artinya strategi yang diterapkan lebih defensive yaitu menambah kualitas makanan, memperluas pemasaran, sering mengadakan kegiatan-kegiatan, menambah sarana dan prasarana yang ada, dan meningkakan sumber daya baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Saran dalam penelitian ini adalah bagi pemerintah pengadaan pelatihan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam sehingga selalu ada peningkatan di Pasar Jaten. Pengelola lebih tidak mengandalkan makanan saja dalam berjualan tetapi juga yang lain, menambah sarana dan prasarana yang belum ada seperti penambahan meja dan tempat untuk berteduh ketika ada hujan, mempromosikan yang lebih luas dan sering mengadakan kegiatan tertentu.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Bauran Pemasaran, SWOT |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Tradisional Market |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 08:16 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 08:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42546 |
Actions (login required)
View Item |