PENGARUH LATIHAN BEBAN DAN HILL-REPEAT TERHADAP PENINGKATAN VO2MAX DAN DAYA TAHAN KARDIOVASKULER ATLET LARI 10 K ANGGOTA MENWA 902 UNNES


IMAM FATHUR ROHMAN, 6211413104 (2020) PENGARUH LATIHAN BEBAN DAN HILL-REPEAT TERHADAP PENINGKATAN VO2MAX DAN DAYA TAHAN KARDIOVASKULER ATLET LARI 10 K ANGGOTA MENWA 902 UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN BEBAN DAN HILL-REPEAT TERHADAP PENINGKATAN VO2MAX DAN DAYA TAHAN KARDIOVASKULER ATLET LARI 10 K ANGGOTA MENWA 902 UNNES]
Preview
PDF (PENGARUH LATIHAN BEBAN DAN HILL-REPEAT TERHADAP PENINGKATAN VO2MAX DAN DAYA TAHAN KARDIOVASKULER ATLET LARI 10 K ANGGOTA MENWA 902 UNNES)
Download (795kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Imam Fathur Rohman, 2020. Pengaruh Latihan Beban dan Hill-Repeat Terhadap Peningkatkan VO2Maks dan Daya Tahan Kardiovaskuler Atlet Lari 10 K Anggota Menwa 902 Unnes. Skripsi, Ilmu Keolahragaan. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Drs. Sahri, M.Kes., AIFM. Latihan beban dan hill-repeat pernah digunakan salah satu UKM di Unnes yaitu, UKM Menwa Batalyon 902 dalam mencari bibit atlet lari dari anggota baru dan juga untuk meningkatkan VO2Maks dari anggota yang sudah terlatih. Namun pada akhir-akhir ini metode tersebut tidak digunakan lagi, dikarenakan padatnya jadwal akademik dan kegiatan di UKM Menwa 902. Berdasarkan masalah diatas, Apakah ada pengaruh dari latihan beban dan hill-repeat terhadap peningkatan VO2Maks dan daya tahan kardiovaskuler? Apakah metode latihan tersebut dapat dijadikan acuan dalam pembinaan atlet di UKM Menwa 902 Unnes?. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui seberapa besar pengaruh dari latihan beban dan Hill-repeat terhadap atlet, serta dapatkah dijadikan acuan untuk pembinaan atlet di UKM Menwa 902 Unnes. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Experimental Design dengan one group pre-test and post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah latihan beban dengan melakukan Push-Up, Sit-Up, Back-Up, Squat Stand, dan Lari Jarak Jauh, serta lari hill-repeat (up-hill dan donw-hill). Pelaksanaan penelitian berada di wilayah Universitas Negeri Semarang, Kelurahan Sekaran – Gunungpati, dimulai pada bulan Desember 2019 – Maret 2020 dengan sampel yang diambil sebanyak 7 orang laki-laki Anggota Menwa 902 Unnes. Hasil analisis data penelitian untuk variabel terikat menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai rata-rata (mean), pada latihan beban sebesar 2,6 ml/kg/menit, dari perolehan data saat pre-test 45,2 ml/kg/menit, menjadi 47,8 ml/kg/menit, ketika post-test dengan persentase 0,29 %. Pada latihan hill-repeat mengalami penurunan rata-rata sebesar 1 ml/kg/menit, dengan perolehan data ketika pre-test sebesar 43,5 ml/kg/menit menjadi 42,5 ml/kg/menit setelah post-test, dengan persentase penurunan sebesar 0,28 %. Berdasarkan hasil olah data penelitian tersebut, dapat disimpulan bahwa ada pengaruh dari latihan beban dan hill-repeat terhadap peningkatan VO2maks dan daya tahan kardiovaskuler atlet lari 10K Anggota Menwa Batalyon 902 Unnes, dengan peningkatan yang paling signifikan menggunakan treatment latihan beban. Kata kunci : Hill-Repeat, Kardiovaskuler, Latihan Beban, VO2Maks.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hill-Repeat, Kardiovaskuler, Latihan Beban, VO2Maks.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 07:32
Last Modified: 29 Dec 2020 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42532

Actions (login required)

View Item View Item