REDESIGN RANGKA MONOCOQUE BAGIAN BAWAH (MAIN FRAME) BUS LISTRIK PT. MAB DAN PERENCANAAN SAFETY FACTOR BERBASIS SOFTWARE INVENTOR
Ade Kohar Syah, 5212414048 (2020) REDESIGN RANGKA MONOCOQUE BAGIAN BAWAH (MAIN FRAME) BUS LISTRIK PT. MAB DAN PERENCANAAN SAFETY FACTOR BERBASIS SOFTWARE INVENTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (REDESIGN RANGKA MONOCOQUE BAGIAN BAWAH (MAIN FRAME) BUS LISTRIK PT. MAB DAN PERENCANAAN SAFETY FACTOR BERBASIS SOFTWARE INVENTOR)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ade Kohar Syah. 2019. Redesign Rangka Monocoque Bagian Bawah (Main Frame) Bus Listrik PT. MAB Dan Perencanaan Safety Factor Berbasis Software Inventor. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Pembimbing (1) Widya Aryadi, S.T., M.Eng. Chassis merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menopang berbagai komponen kendaraan sehingga perlu diketahui nilai tegangan dan safety factor yang baik sebelum digunakan. Tujuan penelitian ini adalah:1) menganalisa desain chassis aktual bus listrik, 2) mendesain ulang chassis yang aman digunakan pada bus listrik, 3) menganalisis redesign chassis yang sesuai untuk bus listrik. Perlakuan gaya yang bekerja pada chassis diasumsikan sebagai massa tiap komponen, beban torsi dan bending. Metode penelitian yang digunakan adalah metode simulasi menggunakan finite element method dengan software Inventor 2019. Simulasi dilakukan pada desain aktual dan redesign chassis bus PT. MAB untuk mengetahui nilai von-mises stress, displacement, safety factor dan massa chassis. Nilai Von-mises sress desain asli chassis, redesign 1, redesign 2 dan redesign 3 berturut-turut 215.4 MPa, 203.4 MPa, 225.7 MPa dan 202.9 MPa. Nilai displacement desain asli chassis, redesign 1, redesign 2 dan redesign 3 berturut-turut 5.393 mm, 4.17 mm, 4.78 mm dan 4.182 mm. Nilai safety factor desain asli chassis, redesign 1, redesign 2 dan redesign 3 berturut-turut 1.5, 1.59, 1.43 dan 1.6. Nilai massa desain asli chassis, redesign 1, redesign 2 dan redesign 3 berturut-turut 2326.83 kg, 2319.32 kg, 2311.65 dan 2341.57 kg. Berdasarkan hasil analisis redesign 1 adalah yang terbaik karena semua parameternya lebih baik dibandingkan dengan desain asli. Kata Kunci: redesign, bus, motor mounting system, safety factor dan chassis
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | redesign, bus, motor mounting system, safety factor dan chassis |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 03:58 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 03:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42465 |
Actions (login required)
View Item |