KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSRESI
Riska Nuril Aeni, 4401416063 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSRESI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSRESI)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Aeni, Riska Nuril. 2020. Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Prof. Dr. Retno Sri Iswari, S.U. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Artikel Ilmiah Kurikulum 2013 berkaitan dengan empat model yang dianjurkan untuk diterapkan salah satunya model Problem Based Learning (PBL). Inovasi dari model PBL ditunjukan dengan adanya artikel ilmiah sebagai perantara siswa dalam menyelesaikan masalah. Materi sistem ekskresi merupakan materi yang berkaitan dengan keseharian siswa tentang proses pengeksresian zat dari tubuh dan lingkungan siswa. Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk menganalisis keefektifan model PBL berbantuan artikel ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan Non-equivalent Control Group Design dan teknik sampling yang digunakan simple random sampling. Subyek penelitian adalah XI MIPA 1 (Kelas Kontrol) dan XI MIPA 2 (Kelas Eksperimen). Data yang diperoleh berupa nilai kognitif (pre test dan post test), nilai keterampilan, nilai sikap, tanggapan siswa dan tanggapan guru. Hasil rata-rata nilai post test kelas eksperimen 68,75, dan nilai post test kelas kontrol 62,50. Hasil belajar psikomotorik siswa masuk dalam kriteria baik dan sangat baik. Begitupun hasil belajar afektif menunjukan semua siswa mempunyai sikap disiplin, jujur, tanggung jawab dan kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada perbedaan hasil belajar antara kelas dengan menggunakan model PBL berbantuan artikel ilmiah dan kelas menggunakan model diskoveri dan nilai kelas eksperimen lebih baik, (2) Peningkatan hasil belajar kriteria sedang dan tinggi kelas dengan menggunakan model PBL berbantuan artikel ilmiah lebih baik daripada kelas menggunakan model diskoveri. Dengan demikian, model PBL berbantuan artikel ilmiah efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Artikel Ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) L Education > Special Education > Biology Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 03:02 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 03:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42446 |
Actions (login required)
View Item |