PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENGAYAAN BERBANTUAN SCHOOLOGY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK


Riana Maylinda, 4301416046 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENGAYAAN BERBANTUAN SCHOOLOGY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENGAYAAN BERBANTUAN SCHOOLOGY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENGAYAAN BERBANTUAN SCHOOLOGY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Maylinda, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pengayaan Berbantuan Schoology pada Materi Larutan Penyangga untuk Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik. Skripsi, Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Sri Haryani, M.Si. Kata Kunci: Pengayaan, Bahan Ajar, Schoology, Larutan Penyangga, Pemahaman Konsep. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah menjelaskan bahwa penilaian proses pembelajaran menggunakan penilaian otentik yang kemudian digunakan guru untuk merencanakan beberapa program, salah satunya yaitu program pengayaan (enrichment). Program pengayaan di sekolah belum dilaksanakan secara maksimal karena keterbatasan waktu. Pembelajaran menggunakan bahan ajar dengan memanfaatkan teknologi internet merupakan salah satu strategi dalam mengatasi keterbatasan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar pengayaan yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Desain penelitian ini menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang meliputi tahap: define, design, development, dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA PL Don Bosko Semarang. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara awal, angket respon dan kepraktisan yang diisi oleh peserta didik untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan bahan ajar, dan tes three tier multiple choice untuk mengetahui profil pemahaman konsep peserta didik serta keefektifan bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan sebelum diuji kelayakan dan kepraktisan, telah dilakukan uji validitas oleh ahli materi dan media. Terdapat dua tahap uji, yaitu uji coba skala kecil dan skala besar. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar yang teruji layak dan praktis digunakan sebagai sumber belajar pada program pengayaan. Hal ini berdasarkan pada hasil rekapitulasi angket respon dan kepraktisan bahan ajar yang diisi oleh peserta didik, yaitu 76,75% peserta didik memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan, dan 97,67% peserta didik menilai praktis bahan ajar yang dikembangkan. Bahan ajar yang dikembangkan juga teruji efektif, dilihat dari hasil tes three tier multiple choice yaitu sebanyak 93% peserta didik yang mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengayaan, Bahan Ajar, Schoology, Larutan Penyangga, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:57
Last Modified: 29 Dec 2020 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42445

Actions (login required)

View Item View Item