ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN KANJI ENSHU MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Sahlina Dewi, 2302415015 (2020) ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN KANJI ENSHU MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN KANJI ENSHU MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Program studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang memiliki mata kuliah untuk mempelajari huruf dalam bahasa Jepang yaitu kanji. Pentingnya mempelajari kanji untuk menunjang pembelajaran bahasa Jepang, hal tersebut menjadikan kanji sebagai salah satu mata kuliah prodi yang wajib diambil oleh mahasiswa bahasa Jepang. Kanji Enshu adalah mata kuliah prodi yang ditawarkan pada semester enam. Materi yang diberikan sekitar 849 kosakata Kanji Enshu dalam satu semester. Pada studi pendahuluan angkatan 2016, dihasilkan data bahwa hampir sebagian besar mahasiswa atau 32,6% mengalami kesulitan dalam mempelajari Kanji Enshu dan sisanya memilih mata kuliah yang lain seperti Bunpou Enshu yaitu 26,1%; Dokkai Enshu yaitu 8,7%; Chokkai Enshu yaitu 15,2%; Kaiwa Enshu yaitu 2,2%; dan Sakubun Enshu yaitu 15,2%. Berdasarkan hasil prosentase, kesulitan pada Kanji Enshu tergolong tinggi diantara yang lain sehingga melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini mendeskripsikan kesulitan dalam pembelajaran Kanji Enshu serta faktor penyebabnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan angket. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampe dengan 33 mahasiswa sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan pembelajaran Kanji Enshu yaitu mahasiswa kurang memperhatikan cara penulisan kosakata kanji enshu (jumlah coretan dan urutan coretan) dan mahasiswa jarang bisa membaca kosakata Kanji Enshu sesuai dengan on’yomi dan kun’yomi. Kesulitan tersebut dipengaruhi oleh faktor ekstern dan intern diantara lain adalah cara belajar mahasiswa yaitu rendahnya tingkat kesadaran mahasiswa dalam cara belajar mahasiswa karena tidak mempelajari terlebih dahulu kosakata Kanji Enshu sebelum diajarkan dosen, kurang berlatih setiap hari menulis kosakata dalam materi Kanji Enshu, jarang mempelajari kembali materi diluar jam perkuliahan, dan sering belajar semalaman suntuk ketika ada tes Kanji Enshu; faktor pengajar yaitu metode yang digunakan dosen kurang menarik; faktor materi yaitu Banyaknya materi Kanji Enshu yang diberikan, sehingga sulit untuk dipelajari pada saat perkuliahan; dan faktor lingkungan yaitu mahasiswa jarang berdiskusi dengan teman di luar perkuliahan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan pembelajaran Kanji Enshu, Kanji Enshu, dan faktor penyebab |
Subjects: | L Education > Special Education > Skills Educations |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Dec 2020 02:29 |
Last Modified: | 28 Dec 2020 02:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42389 |
Actions (login required)
View Item |