STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PADMASARI MESTIKAJATI DARI PARTAI GOLONGAN KARYA (STUDI KASUS PEMENANGAN DAPIL 5 DI BLORA)


Devi Nur Kartika Putri, 3312416045 (2020) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PADMASARI MESTIKAJATI DARI PARTAI GOLONGAN KARYA (STUDI KASUS PEMENANGAN DAPIL 5 DI BLORA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PADMASARI MESTIKAJATI DARI PARTAI GOLONGAN KARYA (STUDI KASUS PEMENANGAN DAPIL 5 DI BLORA)]
Preview
PDF (STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PADMASARI MESTIKAJATI DARI PARTAI GOLONGAN KARYA (STUDI KASUS PEMENANGAN DAPIL 5 DI BLORA)) - Submitted Version
Download (498kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Putri, Devi Nur Kartika. 2020. Strategi Komunikasi Politik Padmasari Mestikajati Dari Partai Golongan Karya (Studi Kasus Pemenangan Dapil V di Blora). Jurusan Politik dan Kewarganegaraan FIS UNNES. Pembimbing Nugraheni Arumsari, S.Sos., M.I.Kom. 126 halaman. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Politik, Partai Golongan Karya Strategi komunikasi politik sangatlah penting bagi elite politik karena dapat menunjang proses politik agar mendapatkan dukungan dan membangun citra yang baik kepada masyarakat. Dalam melaksanakan strategi komunikasi politiknya maka disesuaikan dengan situasi dan kondisi menurut daerah masing-masing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang dilakukan Padmasari Mestikajati dari Partai GolKar dalam pemenangan dapil V di Blora, serta mengetahui hambatan-hambatan yang di hadapi Padmasari Mestikajati dalam melaksanakan komunikasi politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Obyek penelitian meliputi anggota DPRD Jawa Tengah yaitu Padmasari Mestikajati, tim sukses dan masyarakat Kabupaten Blora. Metode pengumpulan data berupa : wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Padmasari Mestikajati memiliki keinginan untuk dikenal, disuka, dan dipilih dengan cara terjun langsung ke lapangan sehingga Padmasari Mestikajati dan tim suksesnya merangancang strategi komunikasi politik dengan analisis SWOT, selanjutnya melaksanakan bentuk komunikasi politik diantaranya retorika dan lobi politik kepada masyarakat maupun pimpinan desa yang ada di Kabupaten Blora. Menggunakan alat atau media komunikasi politik seperti facebook, instagram, twitter dan youtube untuk menunjang proses komunikasi,beliau membangun citra politik melalaui tidakan serta bantuan-bantuan yang diberikan kepada masyarakat.selanjutnya Padmasari Mestikajati dan tim suksesnya melaksanakan segmentasi, targeting dan positioning untuk melaksankan pemasaran politik guna menarik simpati dan dukungan dari masyarakat. Saran, masih perlu adanya perbaikan kader-kader atau pimpinan desa yang menjadi tim sukses Padmasari Mestikajati untuk lebih aktif memperkenalkan diri kepada masyarakat di Kabupaten Blora, selain itu juga perlu untuk memaksimalkan alat atau media komunikasi politik dengan memberikan konten yang menarik dan di upload melalui facebook, instagram, twitter dan youtube untuk menarik simpati dari masyrakat. Kemudian, karena jarak yang cukup jauh dalam melaksanakan kunjungan maka harus memaksimalkan waktu dengan cara membuat jadwal untuk menghadiri undangan acara maksimal 20-30 menit sehingga beliau dapat lebih maksimal dalam menghadiri undangan dan tidak melewatkan undangan acara dari masyarakat Kabupaten Blora.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Politik, Partai Golongan Karya
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 24 Dec 2020 09:16
Last Modified: 24 Dec 2020 09:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42374

Actions (login required)

View Item View Item