Komparasi Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Sistem Periodik dan Struktur Atom antara Siswa yang diberi Pembelajaran dengan Pendekatan SETS dan Pendekatan NONSETS pada Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2005/2006.
Ani Rosiyanti, 4301401014 (2006) Komparasi Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Sistem Periodik dan Struktur Atom antara Siswa yang diberi Pembelajaran dengan Pendekatan SETS dan Pendekatan NONSETS pada Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Komparasi Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Sistem Periodik dan Struktur Atom antara Siswa yang diberi Pembelajaran dengan Pendekatan SETS dan Pendekatan NONSETS pada Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2005/2006.)
- Published Version
Download (33kB) | Preview |
Abstract
Rosiyanti, Ani. 2005. Komparasi Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Sistem Periodik dan Struktur Atom antara Siswa yang diberi Pembelajaran dengan Pendekatan SETS dan Pendekatan NONSETS pada Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2005/2006. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Drs. Achmad Binadja, Apt. PhD., Pembimbing II: Dra. Nanik Wijayati, M.Si. Kata Kunci: Komparasi, Pembelajaran, Hasil Belajar, SETS, NONSETS Selama ini, proses pembelajaran kimia hanya menekankan pada sains murni, akibatnya siswa kurang memiliki kemampuan memandang sains sebagai satu kesatuan yang terintegrasi dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat sehingga minat belajar siswa menurun dan hasil belajar rendah. Berdasarkan pemikiran tersebut, pendekatan SETS (Science, Environment, Technoloogy, and Society) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran kimia. Oleh karena itu permasalahan penelitian ini: ”Adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SETS dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan NONSETS pada siswa kelas X semester I SMA Negeri I Kendal tahun ajaran 2005/2006”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Kendal tahun ajaran 2005/2006. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling.Diambil kelas XA dan XC sebagai sampel. Pada penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah pendekatan pembelajaran yang divariasi dalam bentuk pendekatan SETS dan pendekatan NONSETS, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar kimia siswa yang berkaitan dengan materi pokok sistem periodik dan struktur atom. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode analisis data dipisahkan menjadi dua yaitu analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Pada analisis tahap awal dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji anava. Hasil uji normalitas, seluruh data berdistribusi normal karena pada masing-masing data χ2hitung < χ2tabel. Berdasarkan uji homogenitas diperoleh χ2hitung=5,758 sedangkan χ2tabel=15,51sehingga populasi mempunyai varians yang sama (homogen). Pada uji anava diperoleh Fhitung = 1,948 sedangkan Ftabel = 1,97. Karena Fhitung<Ftabel maka tidak ada perbedaan rata-rata populasi pada umumnya dan sampel pada khususnya. Analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians dan uji hipotesis. Berdasarkan uji normalitas, diperoleh χ2hitung kelompok SETS = 6,2104, χ2hitung kelompok NONSETS = 3,6574 sedangkan χ2tabel = 7,81. Karena χ2hitung<χ2tabel maka data berdistribusi normal. Dalam uji kesamaan dua varians diporoleh Fhitung = 1,567 dan F(0,025)(39:39) = 1,89. Karena Fhitung<Ftabel maka data memiliki varians yang sama. Pada tahap uji hipotesis diperoleh thitung = 4,167 sedangkan ttabel =1,66. Karena thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti nilai rata-rata kelompok SETS lebih tinggi daripada kelompok NONSETS, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SETS dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan NONSETS pada siswa kelas X semester I SMA Negeri I Kendal tahun ajaran 2005/2006. Oleh Karena itu disarankan bagi guru agar dapat mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan SETS.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komparasi, Pembelajaran, Hasil Belajar, SETS, NONSETS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 20 Sep 2011 03:38 |
Last Modified: | 20 Sep 2011 03:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4233 |
Actions (login required)
View Item |