PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID MATERI SEJARAH PERTEMPURAN SURABAYA 10 NOVEMBER 1945 KELAS XI DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG
Putri Jamiati, 3101416002 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID MATERI SEJARAH PERTEMPURAN SURABAYA 10 NOVEMBER 1945 KELAS XI DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID MATERI SEJARAH PERTEMPURAN SURABAYA 10 NOVEMBER 1945 KELAS XI DI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG)
- Submitted Version
Download (599kB) | Preview |
Abstract
Jamiati, Putri. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Berbasis Android Materi Sejarah Pertempuran Surabaya 10 November 1945 Kelas XI SMA Institut Indonesia Semarang”. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing : Dr. Cahyo Budi Utomo, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Game Edukatif Berbasis Android. Sejarah Pertempuran Surabaya 10 November 1945 Studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SMA Institut Indonesia Semarang menemukan bahwa penggunaan media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran sejarah kurang beragam. Media pembelajaran power point masih menjadi media yang sering digunakan oleh guru. Hal ini yang terkadang membuat siswa menjadi bosan saat mengikuti pembelajaran sejarah dan kurangnya minat siswa, untuk itu peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran yang lebih menarik agar siswa tidak cepat merasa bosan saat pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis kondisi awal sebelum adanya pengembangan media pembelajaran game edukatif berbasis android (2) menganalisis pengembangan media pembelajaran game edukatif berbasis android (3) menganalisis kelayakan media pembelajaran game edukatif berbasis android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yang meliputi tahap Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran yang kurang beragam sehingga menyebabkan kurangnya minat belajar siswa (2) pengembangan media pembelajaran game edukatif berbasis android ini dilakukan dengan lima tahapan (3) hasil dari penilaian validasi materi tahap I mendapat presentase sebesar 79,17%. Hasil validasi materi pada tahap II mendapatkan presentase sebanyak 89, 59%. Sedangkan hasil validasi dari ahli media tahap I mendapatkan 73% dan validasi tahap II sebesar 88%. Selain itu dari siswa, media pembelajaran game edukatif berbasis android mendapatkan presentase sebesar 81%. Sehingga media dikatakan layak digunakan untuk media pembelajaran sejarah Indonesia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Game Edukatif Berbasis Android. Sejarah Pertempuran Surabaya 10 November 1945 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 06:46 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 06:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42328 |
Actions (login required)
View Item |