PENERAPAN MODEL EVALUASI SIKAP NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG DAN SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Muhammad Iqbal Faza, 3101415049 (2020) PENERAPAN MODEL EVALUASI SIKAP NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG DAN SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL EVALUASI SIKAP NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG DAN SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL EVALUASI SIKAP NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG DAN SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020) - Submitted Version
Download (859kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Faza, Muhammad Iqbal. 2020. “Penerapan Model Evaluasi Sikap Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah pada Siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dan SMA Negeri 12 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Syaiful Amin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Model Evaluasi, Sikap Nasionalisme, Siswa Pelajaran sejarah merupakan sebuah pelajaran yang diajarkan pada peserta didik di sekolah menengah atas, dimana pelajaran sejarah ini tidak hanya mengajarkan materi saja, namun juga memuat unsur nilai-nilai historis negara tempat tinggal mereka yang bertujuan menumbuhkan sikap nasionalisme dan keteladanan bagi setiap siswa. Berkaitan dengan tujuan pembelajaran sejarah tersebut, perlu adanya suatu evaluasi yang bertujuan untuk menilai apakah suatu program terlaksana sesuai dengan perencanaan dan mencapai hasil sesuai yang diharapkan atau belum. Evaluasi yang dilakukan di akhir pembelajaran oleh pendidik perlu adanya penelitian lebih mendalam berkaitan dengan penanaman sikap nasionalisme pada peserta didik pada pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai: (1) Model-model evaluasi pembelajaran sejarah di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dan SMA Negeri 12 Semarang; (2) penerapan model-model evaluasi pembelajaran terkait sikap nasionalisme di sekolah; (3) penerapan model evaluasi sikap nasionalisme dalam pembelajaran sejarah di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dan SMA Negeri 12 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan mengambil latar penelitian di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dan SMA Negeri 12 Semarang. Informan dalam penelitian ini adalah, guru sejarah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif. Keabsahan data diperiksa dengan teknik triangulasi yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Model-model evaluasi pembelajaran sejarah diterapkan oleh guru sejarah dilakukan dengan memerhatikan dasar tiga aspek, yaitu pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap (afektif). (2) Model-model evaluasi pembelajaran terkait sikap nasionalisme siswa diterapkan oleh guru sejarah dengan menilai sikap siswa, melihat segi kerapian dan ketertiban atribut tata tertib sekolah dan penilaian sikap nasionalisme siswa dilakukan dengan cara memerhatikan sikap siswa dalam pelaksanaan upacara bendera, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pemakaian badge bendera merah putih. (3) Penerapan evaluasi sikap nasionalisme dalam pembelajaran sejarah dilakukan dengan menceritakan kisah-kisah perjuangan para pahlawan, seperti pada materi KD 3.3 menganalisis strategi perjuangan pada masa pergerakan nasional. Selain itu guru dapat mengajak siswa untuk menceritakan pengalaman mereka berkaitan dengan sikap nasionalisme.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Evaluasi, Sikap Nasionalisme, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:55
Last Modified: 23 Dec 2020 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42302

Actions (login required)

View Item View Item