PENGEMBANGAN BUKU PENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BERBASIS STRATEGI RAFT (ROLE AUDIENCE FORMAT TOPIC) UNTUK SISWA KELAS VIII MTS DI KOTA SEMARANG


Syakirotun Ni’mah, 2303416051 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BERBASIS STRATEGI RAFT (ROLE AUDIENCE FORMAT TOPIC) UNTUK SISWA KELAS VIII MTS DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BERBASIS STRATEGI RAFT (ROLE AUDIENCE FORMAT TOPIC) UNTUK SISWA KELAS VIII MTS DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENUNJANG KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BERBASIS STRATEGI RAFT (ROLE AUDIENCE FORMAT TOPIC) UNTUK SISWA KELAS VIII MTS DI KOTA SEMARANG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ni’mah, Syakirotun. 2020. Pengembangan Buku Penunjang Keterampilan Menulis Bahasa Arab Berbasis Strategi RAFT (Role Audience Format Topic) Untuk Siswa Kelas VIII MTs di Kota Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: Muhammad Yusuf Ahmad Hasyim Lc., MA., Ph.D. Kata kunci: Buku Penunjang, Strategi RAFT (Role Audience Format Topic), Keterampilan Menulis Bahasa Arab. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mempelajari keterampilan menulis bahasa Arab. Kesulitan yang dialami siswa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu metode pengajaran guru, media pengajaran, evaluasi pembelajaran hingga bahan ajar. Namun bahan ajar dianggap sebagai faktor utama kesulitan tersebut, sebab pada proses pembelajaran siswa hanya menggunakan satu buku teks pelajaran. Buku teks pelajaran telah memuat seluruh materi serta kompetensi siswa pada setiap kelas, akan tetapi buku teks seringkali tidak mencukupi kebutuhan akan keterampilan menulis siswa. Hal ini dikarenakan materi pada buku teks pelajaran terkesan kaku atau terikat pada materi pokok dalam kurikulum sehingga kurang mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya mengembangkan sebuah buku penunjang keterampilan menulis bahasa Arab berbasis strategi RAFT (Role Audience Format Topic) untuk siswa kelas VIII MTs. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa, (2) mengetahui purwarupa, (3) mengetahui validasi ahli dan guru terhadap purwarupa buku penunjang keterampilan menulis bahasa Arab berbasis strategi RAFT (Role Audience Format Topic). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap lima dari sepuluh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan buku penunjang keterampilan menulis bahasa Arab berbasis strategi RAFT (Role Audience Format Topic) untuk siswa kelas VIII MTs. Penilaian aspek kelayakan isi memperoleh nilai rata-rata 90,56 (sangat sesuai), aspek kelayakan penyajian 90,95 (sangat sesuai), aspek kelayakan bahasa 89,66 (sangat sesuai), dan aspek kelayakan kegrafikan 89,77 (sangat sesuai). Nilai rata-rata dari keseluruhan aspek kelayakan buku adalah 90,23 pada rentang 86-100 dan termasuk kategori 4 (sangat layak/sangat sesuai). Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku penunjang keterampilan menulis bahasa Arab berbasis strategi RAFT (Role Audience Format Topic) sangat layak digunakan sebagai buku tambahan untuk mempelajari keterampilan menulis bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Buku Penunjang, Strategi RAFT (Role Audience Format Topic), Keterampilan Menulis Bahasa Arab.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 04:53
Last Modified: 21 Dec 2020 04:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42248

Actions (login required)

View Item View Item